China Luncurkan Satelit untuk Selidiki Sisi Jauh Bulan

Kompas.com - 21/05/2018, 20:31 WIB
Ilustrasi Bulan. ShutterstockIlustrasi Bulan.

KOMPAS.com – Ambisi China menyelidiki sisi jauh bulan tidak lagi sekadar wacana.

Media pemerintah China, Xinhua, melaporkan pada Senin (21/5/2018) bahwa satelit Queqiao (bahasa Mandarin untuk “Jembatan Magpie”) telah diluncurkan untuk mendukung komunikasi antara Chang’e-4, wahana penjelajah bulan yang sedang dipersiapkan, dan bumi.

Satelit tersebut diluncurkan menggunakan roket Long March 4C bersama satelit Longjiang-1 dan Longjiang-2 dari pusat peluncuran Xichang pada Senin (21/5/2018). Queqiao kemudian akan bergerak ke titik Langragian Bumi-Bulan 2 dan mengorbit pada jarak 455.000 kilometer dari Bumi.

“Peluncuran ini adalah langkah kunci bagi China untuk merealisasikan impiannya menjadi negara pertama yang mengirimkan penjelajah ke sisi gelap bulan,” ujar manajer proyek Queqiao, Zhang Lihua.

Baca juga: Sisi Jauh Bulan dalam Mimpi Besar China Ungguli AS dan Rusia

Zhang berkata demikian karena bulan terkunci secara pasang surut dengan Bumi. Artinya, bulan selalu menunjukkan wajah yang sama kepada bumi, sementara sisi yang ingin dijelajahi oleh China akan selalu berada di baliknya.

Oleh karena itu, Queqiao sangat dibutuhkan untuk menyalurkan sinyal Chang’e-4 yang nantinya akan berada di sisi jauh bulan.

Selain sebagai jembatan komunikasi, Queqiao juga sedang membawa eksperimen astronomi bernama Penjelajah Frekuensi-Rendah Belanda-China. Eksperimen ini akan mencari sinyal radio dari asal mula bumi dan mengarakterisasikan angin matahari di sekitar bulan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X