Kompas.com - 04/01/2018, 13:05 WIB
Ilustrasi bulan purnama. ThinkstockphotosIlustrasi bulan purnama.
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com - Sudah lebih dari satu dekade China berambisi ingin menaklukkan bulan. Rupanya ini bukan keinginan semu belaka.

Rencananya, pada Juni 2018 nanti, China akan meluncurkan komponen pertama Chang'e 4. Ini merupakan misi keempat yang namanya diambil dari nama dewi bulan di China.

Kalau recana ini berhasil, China akan mengungguli negara superpower lain. Sebab, wilayah yang akan dieksplorasi belum pernah dijajaki negara lain, termasuk Amerika Serikat.

Berbicara tentang Chang'e 4 yang akan meluncur pada bulan Juni, China sebelumnya akan mengirim satelit relay yang bakal ditempatkan sekitar 60.000 kilometer di belakang bulan. Satelit ini akan menyediakan jalur komunikasi antara bumi dan bulan.

Baca juga : Mungkinkah China jadi Negara Pertama yang akan Bertemu Alien? 

Setelah itu, China akan meluncurkan bagian keduanya, yaitu kendaraan yang akan mendarat di sisi jauh bulan. Peluncuran ini akan dipandu satelit tadi agar aman saat mendarat.

Seperti diberitakan Guardian, Minggu (31/12/2017), pendaratan di sisi jauh bulan inilah yang belum pernah dilakukan negara lain dan manusia mana pun. Lokasi yang dimaksud China adalah daerah bernama South Pole-Aitken Basin.

Medan yang lebih berbahaya membuat daerah ini jauh lebih sulit dijangkau dibanding pendaratan di sisi bulan yang menghadap bumi.

"Orang-orang China akan menembus perbatasan dengan misi yang menantang secara teknis," kata Brian Harvey, penganalisis ruang angkasa dan penulis China in Space: The Great Leap Forward.

Selain medan yang sulit dan berbahaya seperti yang disebutkan di atas, hal lain yang membuat pendaratan di sisi jauh bulan sulit dilakukan adalah faktor komunikasi.

Hal ini disebabkan oleh lokasinya yang berada di bawah bayang-bayang bulan dan membuat sinyal radio dari bumi terblokir secara otomatis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.