Ahli Ungkap Cara "Si Ayam Dari Neraka" Membuat Sarang, Mirip Cincin

Kompas.com - 17/05/2018, 17:07 WIB

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, para ahli berhasil mengetahui cara dinosaurus mengerami telurnya, khususnya Anzu wyliei atau yang disebut "ayam dari neraka".

Para ahli sudah lama ingin mengetahui bagaimana perilaku dinosaurus saat masa inkubasi. Jumlah fosil ditemukan yang sangat minim menjadi kendala bagi para peneliti.

Namun, berdasarkan penelitian terbaru dari para ilmuwan asal Asia dan Amerika Utara, Oviraptorosaurus seperti A wylie menata telurnya secara melingkar dan ada ruang kosong di bagian tengah sarang. Pola ini mirip bentuk cincin di jari kita.

Menurut para ahli, teknik ini bertujuan untuk menopang berat badan induk Oviraptorosaurus, seperti dilansir dari BBC News, Rabu (16/5/2018).

Selain itu, sarang yang melingkar memungkinkan sang induk untuk memberikan suhu panas kepada telur dan menjaga bayi mereka tanpa harus merusak cangkang telur yang belum menetas.