Pertama dalam Sejarah, Kenya Luncurkan Satelit Buatan Dalam Negeri

Kompas.com - 15/05/2018, 21:05 WIB
Satelit buatan Universitas Nairobi, Kenya Satelit buatan Universitas Nairobi, Kenya

KOMPAS.com - Kenya mulai mengambil langkah pertama ke luar angkasa. Hal ini ditandai dengan peluncuran satelit nano yang dibuat oleh Universitas Nairobi pada Jumat (11/05/2018).

Para insinyur membuat kapsul luar angkasa berbentuk kubus yang menggambarkan bahwa Kenya kini telah bergabung dengan klub antariksa.

Warga Kenya menyakiskan siaran langsung peluncuran satelit biatan pertama negara tersebut ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Mereka merayakan pencapaian bersejarah negara tersebut.

Faith Karanja, dosen senior di Departemen Geospasial dan Teknologi Luar Angkasa, adalah salah satu orang yang terlibat pada program satelit tersebut.

Dia mengatakan peluncuran yang sukses menunjukkan Kenya kini telah bergabung dengan negara lain di klub luar angkasa.

Baca juga: China Luncurkan Satelit Resolusi Tinggi Pemantau Lingkungan

"Ini benar-benar membawa kami ke level selanjutnya. Karena, sungguh, apa yang telah kami lakukan adalah ... kami baru saja pengguna teknologi antariksa, ilmu pengetahuan ruang angkasa dan teknologi," ungkap Karanja dikutip dari VOA News, Selasa (15/05/2018).

"Faktanya, kami berada dalam kategori di mana kami menyebut diri kami 'bangsa yang bercita-cita tinggi untuk aktivitas antariksa'. Sejauh ini kami peduli, setelah kerja keras yang telah dilakukan dan berhasil, kami berada di liga yang sama dengan negara dengan aktivitas antariksa lain," Kata Karanja.

Badan antariksa Kenya sendiri sebenarnya telah didirikan tahun lalu. Hanya saja belum banyak yang mereka kerjakan.

Satelit nano ini menjadi langkah besar mereka menuju program ruang angkasa lainnya.

Halaman:


Sumber VOA News
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X