Ahli Jelaskan Mengapa Kita Senang Melihat Bayi Mungil Berkacamata

Kompas.com - 12/05/2018, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Kacamata yang dikenakan seorang bayi sering membuat orang dewasa jatuh cinta karena merasa gemas dan lucu. Tidak heran bayi mungil berkacamata sering menjadi rebutan untuk digendong.

Namun, mengapa kita merasa demikian?

Profesor Joshua Paul Dale, penulis buku berjudul The Aesthetics and Affects of Cuteness dan ahli dari Universitas Tokyo Gakugei, menjelasakan. 

Kacamata membuat mata mereka terlihat lebih besar

Alasan pertama ini cukup intuitif, yaitu bentuk mata yang besar atau lebih besar itu lucu. Namun, pendapat ini tidak hanya disebabkan intuisi saja, ada penjelasan ilmiahnya. 

Pada tahun 1940-an, Konrad Lorenz, seorang ahli hewan menguraikan sebuah kinderschema, atau “skema bayi”. Skema ini menjelaskan enam sifat fisik bayi yang membuat Anda merasa gemas dan ingin menyentuhnya.

Enam sifat fisik itu adalah bentuk kepala yang bulat, dahi yang besar dan menonjol, mata besar atau mata di bawah garis tengah kepala, pipi tembem, bentuk tubuh bulat dan permukaan tubuh yang lembut dan elastis.

Menurut Dale, penelitian yang berlangsung dalam beberapa dekade terakhir mendukung teori skema bayi tersebut.

Pada sifat fisik mata bayi, beberapa jenis lensa tertentu akan membuat mata bayi seperti membesar atau menonjolkan mata yang besar. Hal ini membuatnya tampak lucu.

Baca Juga: Temuan Baru, Bayi Mampu Berpikir Logis meski Belum Bisa Berbicara

Kacamata membuat kita merasa terhubung

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Cut
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.