Kompas.com - 08/05/2018, 17:32 WIB
Ilustrasi tidak makan MaleWitchIlustrasi tidak makan


KOMPAS.com - Studi yang terbit di Cell Stem Cell, Kamis (3/5/2018), diet puasa alias intermittent fasting memiliki efek menguntungkan untuk kesehatan.

Menurut hellosehat.com, diet puasa adalah metode untuk mengatur pola makan dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu dan masih diperbolehkan minum.

Dalam abstraknya, peneliti menguji pembatasan kalori selama 24 jam pada tikus muda dan menemukan puasa dapat meningkatkan regenerasi sel induk atau sel punca di usus.

Fakta ini penting, mengingat sel punca tidak lagi melakukan regenerasi saat kita bertambah tua. Ketika sel punca melakukan regenerasi, maka akan membantu menjaga jaringan sehat dan melawan penyakit.

Baca juga : Mengkaji Puasa Senin Kamis, Bisakah Bermanfaat bagi Otak Manusia?

"Puasa memiliki banyak efek di usus, termasuk meningkatkan regenerasi untuk melawan penyakit yang menyerang usus seperti, infekti atau kanker," kata ahli biologi MIT Omer Yilmaz, dilansir Science Alert, Senin (7/5/2018).

"Studi ini memberi bukti bahwa puasa menginduksi "sakelar" metabolik di sel induk usus dan memanfaatkan karbohidrat untuk membakar lemak," sambung Yilmaz.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam studi ini, perubahan bukan berarti sel menggunakan lemak sebagai sumber energi, bukan karbohidrat. Hal ini membuat sistem metabolisme meningkatkan fungsi mereka.

Sel punca usus yang digambarkan para peneliti sebagai "pekerja usus", biasanya memperbarui lapisan usus dalam waktu lima hari. Namun dengan mengaktifkan "sakelar" metabolisme, pembaruan dapat dilakukan lebih cepat.

Uji laboratorium

Di laboratorium, tim Yilmaz mengambil sel induk usus tikus, baik muda dan tua, yang telah berpuasa selama 24 jam dan menempatkannya dalam kultur agar massa sel yang disebut organoid (semacam organ mirip usus kecil, red) tumbuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.