Kompas.com - 05/05/2018, 19:31 WIB
Ilustrasi misi InSight yang akan segera diluncurkan ke Mars oleh NASA. Misi ini akan mengeksplor bagian dalam perut Mars. Ilustrasi misi InSight yang akan segera diluncurkan ke Mars oleh NASA. Misi ini akan mengeksplor bagian dalam perut Mars.

KOMPAS.com - InSight, Misi terbaru NASA untuk menjelajah planet Mars siap diluncurkan hari ini (5/5/2018) pada 4.05 dini hari waktu Pasifik dari Pangkalan Angkatan Udara Vanderberg, California, Amerika Serikat dengan menggunakan roket Atlas V.

Ini adalah misi kedua NASA mengirimkan robotnya ke Mars setelah enam tahun lalu meluncurkan rover Curiosity. Bila berjalan sesuai rencana, InSight akan mendarat pada 26 November 2018.

Berbeda dengan Curiosity yang mengeksplor permukaan planet Mars, robot senilai 993 juta dollar AS atau lebih dari Rp 13 triliun itu akan berperan sebagai ahli geologi yang fokus menyelidiki bagian dalam perut Mars.