Kompas.com - 02/05/2018, 19:30 WIB
Bintik-bintik yang dilingkari di mata ini adalah melanoma okular. Bintik-bintik yang dilingkari di mata ini adalah melanoma okular.


KOMPAS.com - Puluhan orang di dua negara bagian AS alami kanker mata langka, melanoma okular.

Menurut laporan media lokal CBS News, 18 orang di Huntersville, Carolina Utara dan lebih dari 30 orang di Auburn, Alabama yang teridentifikasi memiliki melanoma okular.

Sayangnya, dokter belum dapat memastikan apa yang sebenarnya terjadi di balik lonjakan kanker mata yang biasanya dialami enam dari satu juta orang.

Baca juga : Kasus Langka, Bagian Putih Mata Pria Ini Berubah Jadi Biru

"Umumnya pasien mengaku tidak memiliki kenalan yang mengidap penyakit ini. Saat kami mengetahui ini, kami pun dibuat bingung apa yang sebenarnya terjadi," kata ahli onkologi Dr. Marlana Orloff yang merawat beberpa pasien dari Thomas Jefferson University's Sidney Kimmel Cancer Center (SKCC), Philadelphia, Pennsylvania, kepada CBS News via Live Science Senin (30/4/2018).

Dugaan para dokter, lingkungan ikut ambil bagian dari munculnya penyakit ini. Meski begitu, hal tersebut belum dapat dipastikan kebenarannya.

Apa itu melanoma okular?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut American Academy of Ophthalmology (AAO), melanoma okular adalah kanker langka yang berkembang di sel mata dan menghasilkan pigmen melanin berwarna gelap. Bentuknya seperti tahu lalat di dalam mata.

Umumnya kanker melanoma okular dimulai di lapisan tengah mata yang disebut uvea.

Penyebabnya sendiri belum dapat diketahui, namun AAO menjelaskan hal ini bisa terjadi ketika seseorang terkena paparan sinar matahari terlalu lama, memiliki mata berwarna terang, usia lanjut, dan memiliki kondisi kulit tertentu.

Sementara itu, Mayo Clinic berkata orang yang memiliki melanoma okular dapat kehilangan penglihatan. Kanker ini dapat menyebar ke seluruh tubuh, termasuk hati, paru-paru dan tulang.

American Cancer Society mengungkap, sekitar 3 dari 4 orang (75 persen) orang yang didiagnosis dengan melanoma okular hanya dapat bertahan sampai lima tahun setelah didiagnosis.

Baca juga : Ingin Ubah Warna Mata, Model Argentina Kehilangan Penglihatan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.