Astronom: Bau Planet Uranus Seperti Telur Busuk

Kompas.com - 24/04/2018, 19:07 WIB
Uranus (kiri) dan Neptunus (kanan) NASAUranus (kiri) dan Neptunus (kanan)

KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan bagaimana bau di planet selain bumi? Mungkin ada bau belerang atau berbau wangi.

Kini, para astronom telah menemukan bau dari planet Uranus. Sayangnya, bukan bau yang menyenangkan.

Uranus disebut punya bau seperti telur busuk atau perut kembung. Ini karena komposisi awan di planet tersebut salah satunya adalah hidrogen sulfida.

Gas ini ditemukan setelah melalui pengamatan beberapa dekade. Sebelumnya, sudah diketahui bahwa di atmosfer Uranus ada gas metana.

Baca juga: NASA Balas Surat Anak 6 Tahun yang Ingin Pluto Jadi Planet Lagi

Gas metana ini yang membuat planet tersebut berwarna biru. Tapi, metana tidak berbau.

Selanjutnya, melalui pengamatan yang dilakukan oleh probe Voyager 2 yang terbang melintasinya, ditemukan adanya hidrogen dan helium di planet itu.

Meski beberapa senyawa diketahui keberadaannya, tapi senyawa lain seperti air, amonia, dan hidrogen sulfida lebih sulit ditentukan. Ini karena planet tersebut jauh dari bumi.

Bahkan, pengamatan melalui teleskop pun sulit. Alasannya adalah planet ini cukup reduh hingga sulit diamati.

Namun, para peneliti tak menyerah begitu saja. Tim astronom internasional menemukan cara baru pengunaan teleskop Gemini untuk mengintip ke Uranus.

Dipimpin oleh Patrick Irwin, seorang fisikawan planet dari University of Oxford Inggris, tim peneliti juga menggunakan 8-metre telescope's Near-Infrared Integral Field Spectrometer (NIFS). Teleskop ini digunakan untuk melakukan analisis spektroskopi paling terperinci dari awan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X