NASA Potret 3 Lubang Misterius di Samudra Arktik

Kompas.com - 23/04/2018, 20:37 WIB
Tiga Lubang Misterius di Samudra Artik Tiga Lubang Misterius di Samudra Artik

KOMPAS.com - Masih banyak tempat di bumi yang menyimpan misteri. Salah satunya di Samudra Artik.

Baru-baru ini, seorang ilmuwan Badan Antariksa AS ( NASA) memotret gambar tiga lubang es misterius di Laut Beaufort timur. Gambar tersebut diambil saat dia melakukan penerbangan rutin di Samudra Arktik pada awal bulan ini.

Uniknya, lubang-lubang tersebut menjadi yang pertama dari jenisnya yang pernah diketahui. Para peneliti hingga saat ini masih mencoba memahami itu lubang apa dan bagaimana bisa ada di sana.

Pakar misi IceBridge NASA, John Sonntag menangkap gambar ini pada 14 April.

Baca juga: Rayakan HUT Ke-28 Teleskop Hubble, NASA Rilis Video Lagoon Nebula

"Saya tidak ingat pernah melihat benda semacam ini di tempat lain," tulis Sonntag dalam catatan lapangannya dikutip dari Newsweek, Minggu (22/04/2018).

Lubang-lubang itu berada sekitar 80 kilometer di sebelah barat laut dari Mackenzie River Delta, Kanada.

Hingga saat ini, lubang-lubang tersebut masih membingungkan peneliti. Apalagi menurut ilmuwan proyek IceBridge lain, Nathan Kurtz menyebut, dari gambar tersebut diketahui bahwa lubang-lubang itu berada di daerah es tipis.

Ini membuat Kurtz tak yakin apa yang menyebabkannya.

"Saya tidak yakin jenis dinamika apa yang bisa menyebabkan lubang semi lingkaran dan punya fitur yang mengelilinginya itu. Saya belum pernah melihat yang seperti itu sebelumnya," ujar Kurtz.

Menanggapai gambar tersebut, Walt Meier, seorang ilmuwan di National Snow and Ice Data Center mengungkapkan kemungkinan lingkaran tersebut merupakan hasil dari pencucian air di atas salju dan es sebagai permukaan segel untuk udara.

"Atau itu bisa menjadi semacam fitur drainase yang dihasilkan ketika lubang terjadi," kata Meier.

Chris Shuman, seorang ahli gletser yang berbasis di NASA Goddard Space Flight Center juga mengungkap kemungkinan lubang itu hasil peleburan air hangat melalui Samudra Arktik. Air panas yang dimaksud mungkin berasal dari mata air hangat, air tanah yang mengalir dari pegunungan atau arus tertentu.

Air panas tersebut membuat jalannya menuju permukaan laut dan membuat lubang tersebut.

Saat ini, dengan hanya sebuah foto, apa yang menyebabkan lubang itu masih akan jadi misteri.

Baca juga : Permafrost Arktik Meleleh, Jutaan Galon Merkuri Bisa Lepas ke Lautan



Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X