Kompas.com - 21/04/2018, 18:34 WIB

KOMPAS.com - Selama beberapa dekade, tikus kanguru asal San Quintin, Mexico tidak pernah menampakkan batang hidungnya lagi.

Ekspedisi untuk mencari hewan pengerat coklat yang dapat melompat seperti kanguru itu tak pernah membawa kabar baik.

Tikus kanguru berukuran 12 sentimeter ini tak pernah terlihat lagi sejak 1986. Hingga satu dekade setelah itu, pemerintah California melalui keterangan resmi San Diego Natural History Museum memutuskan untuk mengklasifikasikan spesies ini terancam punah. Banyak yang mempercayai hewan ini sudah punah.

Tak dinyana hewan mungil ini ditemukan kembali secara tidak disengaja, di sekitar lapangan Baja California.

Baca juga : Dikira Punah 100 Tahun Lalu, Tikus Berkantung Ternyata Masih Hidup

Hal ini bermula ketika peneliti dari San Diego Natural History Museum dan nirlaba Terra Peninsular berniat mempelajari populasi hewan pengerat di daerah itu.

Cara yang digunakan adalah memancing hewan pengerat untuk memasuki perangkap. Ketika sudah waktunya untuk melihat hasil tangkapan, peneliti justru sangat terkejut dan heran dengan apa yang mereka dapatkan.

Pasalnya, itu adalah hewan pengerat yang selama beberapa dekade selalu dicari keberadaannya dan sudah dianggap punah.

Tak perlu menunggu lama, kini para peneliti sudah menyiapkan rencana untuk meningkatkan populasi spesies tersebut.

"Penemuan ini tak hanya dapat dijadikan contoh sempurna dari pentingnya pekerjaan lapangan, namun kami juga dapat mengembangkan rencana konservasi berdasarkan temuan kami," kata Scott Tremor, mamalogist museum dalam keterangan resminya dilansir Fox News, Sabtu (21/4/2018).

Untuk mewujudkan penyelamatan tikus kanguru, tim museum akan bekerja sama dengan Terra Peninsular.

"Terra Peninsular sangat bahagia menjadi bagian dari penemuan ini dan kami akan terus bekerja untuk melestarikan dan melindunginya," ujar Jorge Andrade, koordinator manajer adaptif di Terra Peninsular.

Baca juga : Sempat Dikira Punah, Ular Berbisa Ini Ternyata Masih Hidup

Terkait temuan spesies yang sudah dianggap punah, ini bukanlah kesuksesan pertama bagi museum San Diego. Tercatat, tikus kanguru San Quintin adalah spesies ketiga yang dianggap sudah punah dan ditemukan lagi dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk selanjutnya, peneliti akan menguraikan temuan mereka dalam penelitian yang rencananya diterbitkan dalam jurnal ilmiah Bulletin of the Southern California Academy of Sciences.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Fox News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.