Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sempat Dikira Punah, Tikus Kanguru ini Ternyata Masih Hidup

Ekspedisi untuk mencari hewan pengerat coklat yang dapat melompat seperti kanguru itu tak pernah membawa kabar baik.

Tikus kanguru berukuran 12 sentimeter ini tak pernah terlihat lagi sejak 1986. Hingga satu dekade setelah itu, pemerintah California melalui keterangan resmi San Diego Natural History Museum memutuskan untuk mengklasifikasikan spesies ini terancam punah. Banyak yang mempercayai hewan ini sudah punah.

Tak dinyana hewan mungil ini ditemukan kembali secara tidak disengaja, di sekitar lapangan Baja California.

Hal ini bermula ketika peneliti dari San Diego Natural History Museum dan nirlaba Terra Peninsular berniat mempelajari populasi hewan pengerat di daerah itu.

Cara yang digunakan adalah memancing hewan pengerat untuk memasuki perangkap. Ketika sudah waktunya untuk melihat hasil tangkapan, peneliti justru sangat terkejut dan heran dengan apa yang mereka dapatkan.

Pasalnya, itu adalah hewan pengerat yang selama beberapa dekade selalu dicari keberadaannya dan sudah dianggap punah.

Tak perlu menunggu lama, kini para peneliti sudah menyiapkan rencana untuk meningkatkan populasi spesies tersebut.

"Penemuan ini tak hanya dapat dijadikan contoh sempurna dari pentingnya pekerjaan lapangan, namun kami juga dapat mengembangkan rencana konservasi berdasarkan temuan kami," kata Scott Tremor, mamalogist museum dalam keterangan resminya dilansir Fox News, Sabtu (21/4/2018).

Untuk mewujudkan penyelamatan tikus kanguru, tim museum akan bekerja sama dengan Terra Peninsular.

"Terra Peninsular sangat bahagia menjadi bagian dari penemuan ini dan kami akan terus bekerja untuk melestarikan dan melindunginya," ujar Jorge Andrade, koordinator manajer adaptif di Terra Peninsular.

Terkait temuan spesies yang sudah dianggap punah, ini bukanlah kesuksesan pertama bagi museum San Diego. Tercatat, tikus kanguru San Quintin adalah spesies ketiga yang dianggap sudah punah dan ditemukan lagi dalam beberapa tahun terakhir.

Untuk selanjutnya, peneliti akan menguraikan temuan mereka dalam penelitian yang rencananya diterbitkan dalam jurnal ilmiah Bulletin of the Southern California Academy of Sciences.

https://sains.kompas.com/read/2018/04/21/183400023/sempat-dikira-punah-tikus-kanguru-ini-ternyata-masih-hidup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke