Luput dari Mata NASA, Asteroid Sebesar Lapangan Nyaris Tabrak Bumi

Kompas.com - 17/04/2018, 18:05 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com – Pada hari Sabtu lalu (14/4/2018), asteroid sebesar lapangan sepak bola nyaris menabrak bumi.

Para pakar Catalina Sky Survey, sebuah proyek yang disponsori oleh badan antariksa Amerika Serikat (NASA), baru menyadari keberadaan asteroid tersebut 21 jam sebelum ia lewat.

Dilaporkan oleh ScienceAlert, Selasa (17/4/2018); asteroid 2018 GE3 melaju dengan kecepatan 106.000 kilometer per jam, dan pada titik terdekatnya, ia hanya berjarak 192.317 kilometer dari bumi atau setengah jarak antara bumi dan bulan.

Kondisi ini menjadi semakin mengerikan ketika Anda memperhitungkan ukuran Asteroid 2018 GE3.

Diperkirakan memiliki lebar antara 47 hingga 100 meter, asteroid ini kira-kira seukuran lapangan sepak bola.

Baca juga : Tanpa Anda Sadari, Asteroid Seukuran Pesawat Nyaris Menabrak Bumi

Artinya, 2018 GE3 berukuran tiga sampai enam kali lebih besar dari meteor yang melukai 1.200 orang dan merusak ribuan gedung di Chelyabinsk, Russia pada 2013.

Ia juga berukuran 3,6 kali asteroid yang membabat 2.000 kilometer persegi hutan Siberia pada 1908. Padahal, energi yang diproduksi asteroid tersebut 185 kali lebih besar daripada yang dilepaskan oleh bom atom yang dijatuhkan di Hiroshima.

“Jika 2018 GE3 menabrak bumi, ia akan menyebabkan kerusakan regional, bukan global; dan mungkin akan sudah hancur di atmosfer sebelum sampai ke bumi,” ujar SpaceWeather.com melaporkan.

Situs tersebut melanjutkan, meski demikian, (2018 GE3) adalah asteroid yang signifikan. Ia menunjukkan bagaimana batu antariksa sebesar itu masih bisa luput dari mata kita. 2018 GE3 ditemukan kurang dari sehari sebelum jarak terdekatnya.

Sulitnya mendeteksi asteroid

Sebetulnya, bumi sudah sering kali terancam ditabrak asteroid. Setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu, asteroid seukuran bus atau rumah berjarak lebih dekat ke bumi daripada bulan.

Akan tetapi, asteroid seukuran 2018 GE3 jauh lebih langka. Asteroid yang berdiameter 15 hingga 40 meter saja hanya dideteksi NASA mendekati bumi sekali atau dua kali dalam setahun.

Meski memiliki lebar sampai 100 meter, 2018 GE3 sangatlah kecil bila dibandingkan dengan planet, apalagi alam semesta. Seperti asteroid lainnya, 2018 GE3 juga sangat gelap dan cepat sehingga sulit untuk dideteksi.