Banyak Dibudidayakan di Indonesia, Ikan Batu Punya Senjata Tersembunyi

Kompas.com - 15/04/2018, 19:34 WIB
Ikan Batu atau StonefishWilliam Leo Smith Ikan Batu atau Stonefish

KOMPAS.com -  Ikan Batu atau stonefish terkenal memilik tubuh berduri tajam, penyamaran yang mumpuni, dan racun mematikan. Tak hanya itu saja, menurut studi terbaru, ikan ini ternyata juga memiliki "pisau lipat" di wajahnya.

Senjata baru tersebut memantapkannya sebagai ikan berbahaya dan beracun yang harus diwaspadai para penyelam.

Seorang ahli ikan dari Universitas Kansas, William Leo Smith baru menyadarinya setelah membedah ikan batu jenis Waspfish, yang tak lain adalah ikan peliharaannya sendiri.

Smith melihat bahwa otot pipi yang menggerakan pisau kelenjar air mata ternyata terhubung dengan tulang penopang di bawah organ mata. Karena posisi senjata tersebut, maka senjata ikan batu tersebut diberi nama pisau kelenjar mata.

Baca Juga: Racun Ikan Batu Berasal dari Mata, Benarkah?

"Saya tidak tahu mengapa ini belum pernah ditemukan sebelumnya," ungkap Smith dikutip dari Live Science, Sabtu (14/04/2018).

"Mungkin karena hanya ada satu atau dua orang yang pernah mengamati kelompok ikan ini," imbuhnya.

Dari semua ikan batu yang dianalisis Smith, semua memiliki tipe unik mekanisme "pisau lipat" di pipinya, tepat di bawah mata.

"Hal yang membuat ikan ini berbeda dalam hal 'pisau lipat' adalah bahwa tulang ini [lachrymal] biasanya tidak bergerak, tetapi ikan-ikan ini bisa memutarnya hingga 90 derajat sepanjang sumbu kepala-ekor," kata Smith.

Diaktifkan Ketika Bahaya

Intinya, tulang belakang menyembul keluar dari samping ketika diaktifkan, seperti kumis yang berbahaya.

Smith mengatakan kepada Discovery Magazine bahwa sejumlah jenis ikan batu memang beracun dan mampu membunuh manusia dewasa. Menurutnya, senjata itu hanya akan keluar ketika ada ancaman yang mendekat.

"Tampaknya ikan ini telah memperkuat pertahanan diri mereka,"kata Smith.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X