Kompas.com - 12/04/2018, 19:01 WIB
Paus bungkuk ciptakan pelangi Paus bungkuk ciptakan pelangi


KOMPAS.com - Paus bungkuk yang hidup di lautan California belum lama ini menjadi perbincangan di media sosial, lantaran bisa mengeluarkan pelangi.

Kejadian singkat itu diabadikan oleh Domenic Biagini ketika ia berlibur di daerah dekat San Diego, Desember tahun lalu. Ia mengunggah rekaman ini dalam akun instagramnya, dolphinsafaridom.

Dalam rekaman, paus bungkuk terlihat muncul ke permukaan air dan menyemburkan air. Sesaat setelah ia menyemburkan air, pelangi singkat muncul.

Video yang diunggah ke Reddit pada Selasa kemarin (10/4/2018) telah mendapat lebih dari 26.000 upvote atau penyuka.

Baca juga : Dengarkan Suara Paus Bowhead, Si Penyanyi Jazz dari Perairan Arktik

Seperti diketahui, paus adalah mamalia yang bernapas dengan oksigen dan hidup di laut.

Dilansir Live Science, Rabu (11/4/2018), lubang yang digunakan untuk menyembur di atas kepala, pada dasarnya ialah lubang hidung raksasa.

Paus menggunakan lubang itu sama seperti manfaat hidung kita saat berenang, yakni mengisap udara di permukaan air dan menghembuskan udara lama untuk bernapas. Paus biasanya menghembuskan campuran udara, antara sedikit uap air dan banyak ingus.

Dalam video Biagini, uap dalam pernapasan paus dapat menangkap sinar matahari dengan cara yang sama seperti hujan yang memantulkan cahaya warna penyusunnya dan menciptakan pelangi.

Seperti semua pelangi yang kita lihat selepas hujan, pelangi yang diciptakan paus bungkuk adalah permainan cahaya yang unik.

Live Science mencatat, jika saja Biagini merekam paus dari posisi yang berbeda, ia mungkin tidak akan mendapat efek pelangi yang sama.

Baca juga : Dilindungi Paus Bungkuk, Penyelam Selamat dari Serangan Hiu

Paus bungkuk diperkirakan melakukan migrasi lebih jauh dibanding mamalia lainnya di Bumi. Ia bisa menempuh 9.800 kilometer dalam satu musim. Paus bungkuk pun dapat menciptakan suara merdu dan disebut sebagai paus yang setia dan bersahabat. Buktinya, paus bungkuk tertangkap basah berhasil menyelamatkan penyelam dari incaran hiu.

Berikut rekaman paus semburkan pelangi.

 

Rainbow spouting Humpback today!

A post shared by Domenic Biagini (@dolphinsafaridom) on Dec 2, 2017 at 5:03pm PST

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.