Kompas.com - 05/04/2018, 20:05 WIB
- The Verge-

KOMPAS.com - Paus bowhead yang dikenal karena ukuran tubuhnya yang raksasa punya sisi lain yang baru saja terungkap. Paus yang bisa hidup lebih dari 200 tahun ini ternyata adalah penyanyi jazz handal di perairan Arktik yang luas.

Sisi lembut paus ini baru diketahui melalui sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Washington.

Mereka memublikasikan kumpulan rekaman mamalia laut ini dan menemukan kalau paus bowhead memproduksi repertoar vokal yang beragam dan terus berubah. Nyanyian beragam inilah yang mungkin membuat para ilmuwan menjulukinya dengan penyanyi jazz yang handal.

Studi yang diterbitkan, Rabu (4/4/2018) di Biology Letters menganalisis rekaman audio yang dikumpulkan sepanjang tahun 2010-2014 di timur Greenland.

Baca juga : Mengapa Mamalia Laut Seperti Paus Berukuran Besar? Sains Jelaskan

Sebagai informasi, populasi Paus Bowhead ini hampir punah karena perburuan dan kini diperkirakan hanya tersisa sekitar 200 ekor saja. Meski begitu, rekaman audio tersebut menunjukkan populasi yang sehat sambil merekam nyanyian mereka.

"Jika paus bungkuk melagukan musik klasik, paus bowhead bernyanyi jazz," kata Kate Stafford, ahli kelautan di Applied Physics Laboratory Univesitas Washington.

Stafford telah merekam suara paus di seluruh samudra di dunia sebagai cara melacak dan mempelajari mamalia laut. Ia pertama kali mendeteksi Paus Bowhead bernyanyi di Greenland pada tahun 2007.

"Kami meletakkan hydrophone, mikrofon air, untuk mendengarkan beberapa suara. Kami terkejut begitu tahu jika paus bowhead bernyanyi lantang, 24 jam sehari selama November hingga April. Atau bisa dikatakan mereka bernyanyi secara teratur dari akhir musim gugur hingga awal musi semi," ungkap Stafford.

Namun, yang paling luar biasa adalah variasi nyanyian paus bowhead. Dalam rekaman audio, peneliti menemukan setidaknya ada 184 lagu yang berbeda.

"Suara itu lebih bebas, dan ketika kami melihat data akustik tidak ada nyanyian lagi yang diulang setiap tahun. Setiap musim, paus bowhead memiliki lagu baru," tambahnya.

Baca juga : Scrub dengan Batu, Apakah Paus Juga Menjaga Kulitnya Tetap Halus?

Halaman:


Video Pilihan

Sumber PHYSORG
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.