Kompas.com - 12/04/2018, 13:07 WIB

KOMPAS.com - Astronot Scott Kelly menuliskan pesannya terhadap para orangtua yang khawatir karena anak mereka yang tidak menyukai sains.

Menurut Kelly, kecintaan terhadap sains bisa ditumbuhkan, bukan datang dari bawaan genetik. Selain itu, sains tidak sesulit yang dibayangkan masyarakat umum.

Kelly telah membuktikan itu. Banyak orang mengira bahwa Kelly adalah seorang yang jenius sehingga bisa berkiprah di bidang sains. Namun, anggapan ini dibantah oleh Kelly, seorang insinyur, mantap kapten Angkatan Laut, pensiunan astronot, dan mantan pilot pesawat tempur militer.

Rupanya, dia juga seperti kebanyakan anak-anak lain dan tidak terlalu menyukai sains saat kecil. Di sekolah, waktu Kelly dihabiskan untuk melamun dan menatap ke luar jendela. Dia bahkan sempat pesimis bisa meraih cita-cita dambaannya.

“Semasa anak-anak, saya jengah dan tidak tertarik dengan sains. Bahkan, nilai saya buruk dan hampir tidak lulus sekolah menengah,” beber Kelly seperti dilansir dari Time pada Selasa (10/4/2018).

Baca juga : DNA Berubah di Luar Angkasa, Kedua Astronot Kembar Ini Membuktikannya

Kelly mulai menyukai sains saat duduk di bangku kuliah. Dia pun terus belajar menumbuhkan minat terhadap sains agar bisa lulus dan menggondol gelar insinyur. Gelar ini pulalah yang mengantarkannya menjadi pilot dan astronot.

Menurut dia, sains bukan hanya milik para jenius, dan kunci untuk berkutat pada bidang sains hanyalah rasa ingin tahu dan kesediaan, serta ketekunan untuk terjun di sana

Pemahaman seperti itu datang secara tidak sengaja setelah dia membaca buku berjudul The Right Stuff. Buku yang menceritakan kehidupan orang Amerika pertama yang menjelajahi ruang angkasa, Tom Wolfe, tersebut menginspirasinya untuk bergegas menjadi pilot bahkan astronot.

Cita-cita itulah yang membuatnya giat belajar di bidang matematika sains. Kelly menantang dirinya, sejauh mana dia bisa menyelesaikan soal sains dan matematika yang diberikan gurunya. Ternyata, dia melampaui pikirannya. Nilai A dia peroleh, sesuatu yang membuat Kelly sendiri sempat kaget.

Tepis Anggapan

Halaman:
Sumber Time


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.