NASA Kembali Tangkap "Cincin Einstein" Langka

Kompas.com - 11/04/2018, 19:31 WIB
Teleskop Hubble tangkap Cincin Einstein Teleskop Hubble tangkap Cincin Einstein

KOMPAS.com - Awal bulan ini, NASA baru saja mengumumkan keberhasilan teleskop Hubble menangkap bintang terjauh sepanjang sejarah bernama Icarus.

Terbaru, NASA umumkan teleskop Hubble berhasil menangkap fenomena yang dikenal dalam istilah astronomi sebagai " cincin Einstein".

Kelompok ratusan galaksi individu yang disebut SDSS J0146-0929, terikat oleh gravitasi. Di wilayah tersebut ada begitu banyak massa yang gugusnya membelokkan cahaya dari objek di belakangnya.

Bisa dilihat, lengkungan cahaya yang berwarna merah itu seolah membentuk cincin yang sempurna. Cincin merah itu sebenarnya galaksi, dan itulah cincin Einstein.

Baca juga : Inilah Icarus, Bintang Terjauh yang Berhasil Ditangkap Teleskop Hubble

"Cincin itu berasal dari cahaya galaksi yang jauh dan massa yang sangat besar," kata NASA dalam pernyataannya, dilansir Space.com, Selasa (10/4/2018).

"Dalam potret ini, cahaya dari latar belakang galaksi dialihkan dan terdistorsi di sekitar gugus intervensi besar dan dipaksa melakukan perjalanan sepanjang banyak jalur cahaya yang berbeda menuju bumi, membuat galaksi seolah-olah terlihat di satu tempat yang sama," sambung pernyataan tersebut.

Cincin Einstein merupakan istilah yang lahir dari Albert Einstein pada awal 1900-an. Ia memiliki teori yang menyatakan bahwa objek besar dapat melengkung di ruang dan waktu. Proses ini dikenal sebagai lensa gravitasi.

"Saat kumpulan galaksi yang paling masif sejalan dengan objek yang lebih jauh, mereka akan menghasilkan cincin Einstein. Sejenis lensa gravitasi," imbuh pernyataan.

Cincin Einstein memberi banyak keuntungan untuk para astronom ketika mencoba melihat objek yang jauh.