Kompas.com - 30/03/2018, 20:06 WIB
Galaksi tanpa materi gelap Galaksi tanpa materi gelap

KOMPAS.com - Penemuan galaksi baru di ruang angkasa telah beberapa kali dilakukan oleh para astronom. Tapi, galaksi yang baru ditemukan kali ini membingungkan mereka.

Pasalnya, galaksi yang baru saja ditemukan itu tidak mempunyai materi gelap.

Seperti yang telah lama diketahui, setiap galaksi selalu punya materi gelap. Materi gelap adalah materi misterius yang berlimpah tapi tidak memancarkan cahaya atau energi.

Hingga saat ini, belum banyak informasi tentang materi gelap dari galaksi. Tapi, hal tersebut telah dianggap sebagai bagian penting dari semua galaksi.

Tak hanya itu, menurut evolusi galaksi, materi gelap merupakan persyaratan untuk lahirnya sebuah galaksi baru.

Baca juga: Teleskop Hubble Tangkap Galaksi Kuno yang Sangat Unik

Hal inilah yang membuat galaksi yang disebut NGC1052-DF2 itu membingungkan peneliti. Sebenarnya, galaksi berjarak 65 juta tahun cahaya tersebut punya ukuran fisik yang hampir sama dengan Bima Sakti.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hanya saja, di galaksi tersebut punya bintang yang lebih sedikit.

Penemuan galaksi unik ini berawal dari citra menggunakan Dragonfly Telescope Array, yang sengaja dibuat untuk pencitraan obyek yang sangat redup.

"Penemuan galaksi tanpa materi gelap ini tidak terduga karena substansi misterius yang tidak terlihat itu (materi gelap) adalah yang paling dominan dari galaksi manapun," ungkap Pieter van Dokkum, penulis utama penemuan ini dikutip dari Science Alert, Rabu (28/03/2018).

"Selama beberapa dekade, kami berpikir bahwa galaksi memulai hidupnya sebagai gumpalan materi gelap. Setelah itu, terjadilah gas jatuh ke dalam lingkaran materi gelap, berubah menjadi bintang, dan perlahan-lahan terbentuk dan berakhir menjadi sebuah galaksi seperti Bima Sakti," imbuh van Dokkum.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.