Habitatnya Kekeringan, Tikus di Midway Atoll Minum Darah Elang Laut

Kompas.com - 28/03/2018, 21:05 WIB
Wisdom, albatros liar 67 tahun yang maish bertelur Wisdom, albatros liar 67 tahun yang maish bertelur

KOMPAS.com - Albatros atau elang laut selama ini dikenal sebagai salah satu hewan yang menempati tempat cukup tinggi dalam rantai makanan.

Namun, siapa sangka hewan ini diserang oleh tikus rumah biasa. Hal ini diamati oleh para peneliti yang melihat dalam beberapa tahun terakhir, Albatros yang biasa bertelur di Midway Atoll, sebuah pulau karang di Samudra Pasifik menjadi korban serangan hewan yang tak diketahui.

Mulanya, melihat albatros yang berdarah dengan luka terbuka di kepala, leher, dan punggung, para ilmuwan menduga bahwa itu adalah serangan burung hantu. Hal ini pertama kali teramati pada 2015.

Luka ini disebut cukup mengerikan ini dikhawatirkan adalah ancaman terhadap koloni elang laut di tempat tersebut.

Baca juga: Benarkah Tikus Bisa Mandi seperti Manusia?

Setelah melihat jenis luka yang dimiliki beberapa elang laut, Beth Flint, ahli biologi margasatwa Badan Perlindungan Satwa Liar dan Ikan AS (USFWS) mengatakan bahwa luka tersebut tidak cocok dengan serangan burung hantu.

Bukan Burung Hantu

Bingung dengan penyebab luka para burung albatros tersebut, akhirnya para peneliti dan relawan memasang kamera pengintai. Hasilnya justru lebih mengerikan.

Tikus memanjat punggung burung yang sedang bersarang dan memakannya hidup-hidup.

Tikus rumahan sebenarnya bukan hewan asli wilayah tersebut. Mereka baru ditemukan di wilayah tersebut sekitar 75 tahun lalu.

Sebelumnya, tikus-tikus tak pernah menyerang. Matt Brown, seorang pengawas USFWS untuk wilayah tersebut juga menyebut bahwa tikus dan albatros sebelumnya hidup berdampingan dengan damai.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X