Kompas.com - 22/03/2018, 20:02 WIB
Lemak sehat JulijaDmitrijevaLemak sehat


KOMPAS.com - Penelitian sebelumnya membuktikan lemak tidak menyebabkan kenaikan berat badan.

Sebaliknya, lemak sangat penting dan dibutuhkan tubuh.

Beberapa fungsi lemak adalah untuk pembekuan darah, membantu gerak otot, juga penyerapan vitamin dan mineral.

Lalu, lemak manakah yang lebih baik dan dibutuhkan tubuh? Apakah lemak nabati atau hewani?

Baca juga : Studi Terbaru Mengungkap, Lemak Tidak Membuat Gemuk

Sebuah temuan datang dari pakar nutrisi di Harvard T.H Chan School of Public Health.

Dalam presentasinya di konferensi American Heart Association di New Orleans, Rabu (21/3/2018), para ahli menegaskan bahwa lemak nabati jauh lebih baik untuk tubuh dibanding lemak hewani.

Temuan ini khusus meneliti lemak tak jenuh dalam kandungan lemak nabati dan hewani.

Para ahli menganalisis data konsumsi makanan yang dilakukan 100.000 orang selama 22 tahun. Setiap empat tahun sekali, para peserta diwajibkan mengisi kuesioner.

Selama periode penelitian, tercatat ada 20.600 orang meninggal dunia dan sekitar 4.500 di antaranya disebabkan oleh penyakit jantung.

"Kami menemukan orang yang mengonsumsi lemak tak jenuh dari sumber lemak nabati dapat terhindar dari kematian akibat penyakit kardiovaskular (jantung)," kata Marta Guasch-Ferre, rekan peneliti di departemen nutrisi di Harvard T.H. Chan School of Public Health, dilansir Time, Rabu (21/3/2018).

Halaman:


Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X