Kompas.com - 19/03/2018, 17:35 WIB
. Thinkstock.

KOMPAS.com - Apa yang terjadi pada lemak di tubuh Anda saat berat badan turun? Mungkin Anda berpikir bahwa lemak dalam tubuh akan "terbakar" menjadi energi.

Sayangnya, menurut para ilmuwan di University of New South Wales, Australia, itu sama sekali tidak benar.

Mereka menyebut bahwa saat kehilangan berat badan, lemak diubah menjadi karbon dioksida dan air. Hal ini disampaikan oleh Ruben Meerman dan Profesor Andrew brown dalam tulisannya di The Conversation.

Mereka menyebut bahwa lemak yang berubah menjadi energi merupakan hal yang melanggar hukum hukum kekelan massa.

Baca juga: Berdiri Lama Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan, Kok Bisa?

Untuk mendapat temuannya ini, Meerman dan Brown menyurvei 150 dokter, ahli diet, dan pelatih pribadi untuk mengetahui apa yang terjadi pada lemak seseorang saat kehilangan berat badan.

"Anda mengembuskan karbon dioksida dan air bercampur dalam sirkulasi tubuh Anda sampai itu hilang bersama kencing dan keringat," kata Meerman dan Brown dikutip dari The Independent, Jumat (16/03/2018).

"Jika Anda kehilangan 10 kilogram lemak, justru 8,4 kilogram keluar melalui paru-pari dan sisanya, 1,6 kilogram berubah menjadi air," imbuhnya.

Dengan kata lain, mayoritas karbohidrat dan lemak yang Anda cerna diubah menjadi karbon dioksida dan air. Tapi, di luar makanan, kita sering kali tidak memperhatikan jumlah oksigen yang kita hirup.

Asupan Oksigen

Menurut Meerman dan Brown, jumlah asupan oksigen juga sangat berpengaruh pada berat badan seseorang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X