2019, China Luncurkan Satelit Komersial yang Bisa Ditarik Kembali - Kompas.com

2019, China Luncurkan Satelit Komersial yang Bisa Ditarik Kembali

Kompas.com - 21/03/2018, 08:06 WIB
Ilustrasi satelitIst Ilustrasi satelit

KOMPAS.com – Di tengah membesarnya masalah sampah antariksa, China mengumumkan rencana mereka untuk menawarkan satelit komersial yang bisa ditarik kembali pada 2019 atau 2020.

Rencana ini diungkapkan oleh Presiden China Academy of Space Technology (CAST), Zhang Hongtai, kepada China Central Television, seperti dikutip oleh media resmi pemerintah China, Xinhua, Sabtu (17/3/2018).

Zhang berkata bahwa satelit yang bisa ditarik kembali adalah bagian penting dari kemampuan antariksa China dan sangat bisa diandalkan. Pasalnya, China telah berhasil menarik kembali lebih dari 20 satelit yang telah mengudara di luar angkasa sejak 1975.

“Kita berencana untuk meningkatkan teknologi ini dalam usaha memuaskan kebutuhan pengguna komersial,” ujarnya.

Baca juga : Di Balik Tiangong-1, Ada Ambisi China Membangun Istana Antariksa

Satelit ini diprediksi akan memiliki peran penting dalam berbagai eksperimen luar angkasa. Sebab, para peneliti akan bisa mengirim eksperimen mereka, baik itu bidang biologi maupun pengobatan, ke luar angkasa dan mengambil hasilnya setelah selesai.

China sendiri telah menggunakan satelit semacam ini untuk mengirim biji ke luar angkasa dan mengamati perkembangannya setelah terpapar lingkungan mikrogravitasi dan radiasi kosmik yang jauh lebih tinggi daripada di bumi.

Kini, CAST sedang berusaha menarik perhatian calon konsumen agar dapat membuat satelit berdasarkan kebutuhan mereka. Insitusi yang membuat satelit dan wahana antariksa ini juga akan membangun rantai industri yang mendukung rencana ini.



Close Ads X