Kompas.com - 15/03/2018, 09:01 WIB

KOMPAS.com - Saat sedang hamil, salah satu hal yang sering dirasakan kebanyakan ibu adalah sakit gigi.

Bahkan ada mitos yang menyebut memiliki anak itu artinya jumlah gigi berkurang. Sayangnya masih sedikit penelitian yang membuktikan kebenarannya.

Berbicara tentang kehamilan dan kesehatan gigi, ilmuwan asal Belanda berhasil membuktikan bahwa wanita yang memiliki tiga anak atau lebih akan memiliki lebih sedikit jumlah gigi dibanding mereka yang punya dua anak saja.

Masalah ini muncul karena hormon kehamilan mengganggu penyerapan kalsium sehingga membuat gigi mudah goyang dan memicu penyakit pada gusi.

Baca juga : Penyakit Ginjal Kronis Intai Perempuan Hamil dengan Preeklamsia

Selain karena hormon kehamilan, peneliti menyebut masalah ini juga bisa timbul karena faktor dari luar.

Salah satunya seperti ibu hamil lebih suka mengonsumsi makanan asam. Padahal makananan asam dapat merusak enamel dan menyebabkan gigi berlubang.

Laporan yang dipublikasikan dalam Journal of Epidemology & Community Health ingin memberikan bukti baru terkait hubungan kausal antara jumlah anak biologis dengan gigi yang hilang.

Dalam laporannya, peneliti melihat adanya dampak potensial terkait kehilangan gigi pada wanita yang memiliki anak kembar dibanding anak yang lahir tunggal.

Hal yang sama juga terjadi pada wanita yang memiliki tiga anak dan anak ketiganya memiliki jenis kelamin yang sama dengan salah satu kakaknya.

Peneliti mengatakan pola anak yang seperti ini berkaitan dengan gigi hilang yang lebih banyak dibandingkan dengan orangtua yang punya dua anak dengan dua jenis kelamin berbeda. Hal ini hanya terjadi pada ibu dan tidak terjadi pada ayah.

Baca juga : Jangan Takut, Mandi Air Hangat dan Sauna Tak Berisiko untuk Ibu Hamil

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Telegraph
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.