Kompas.com - 07/03/2018, 19:09 WIB

KOMPAS.com — Pernahkah Anda merasa malas atau berat untuk melakukan olahraga? Jika ya, mungkin Anda perlu memutar musik saat berolahraga.

Berolahraga sambil mendengarkan musik memang sering dilakukan banyak orang. Selain itu, cara ini ternyata juga bisa meningkatkan toleransi kita terhadap olahraga yang intens.

Dalam sebuah penelitian di Texas Tech University, para peneliti menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik selama tes tekanan jantung mampu mengeluarkan keringat hampir semenit lebih lama dibandingkan yang tidak mendengarkan.

Temuan ini kemudian dipresentasikan dalam pertemuan tahunan American College of Cardiology di Orlando. Para peneliti mengungkapkan, temuan mereka menempatkan banyak data asli di balik musik yang baik untuk olahraga.

Baca juga: Selfie saat Olahraga Bikin Orang Termotivasi, Kok Bisa?

"Setidaknya, dalam skala kecil, penelitian ini memberikan beberapa bukti bahwa musik dapat menjadi alat tambahan untuk memotivasi seseorang berolahraga lebih banyak, yang sangat baik untuk kesehatan jantung," ungkap Dr Waseem Shami, penulis utama penelitian ini dilansir dari Time, Selasa (6/3/2018).

Untuk mendapat temuan ini, Dr Shami dan koleganya merekrut 127 peserta. Masing-masing peserta kemudian dijadwalkan menjalani tes treadmill electrocardiogram (ECG) secara rutin.

Tes ini digunakan untuk mengukur bagaimana jantung merespons olahraga yang semakin berat. Dalam kasus ini, kecepatan dan kemiringan treadmill bertambah setiap 3 menit.

Selanjutnya, separuh dari jumlah peserta dipilih secara acak untuk mendengarkan musik bergaya Latin, bertempo cepat selama waktu menggunakan treadmill. Sedang separuh lainnya berolahraga dalam sunyi atau tidak mendengarkan musik apa pun.

Sebagai catatan, kedua kelompok peserta memakai telepon seluler. Ini dilakukan untuk mencegah peneliti mengetahui peserta berada dikelompok mana.

Ketika menganalisis hasilnya, para peneliti menemukan bahwa orang yang mendengarkan musik mampu berjalan di atas treadmill selama 8 menit 26 detik. Sementara orang yang tidak mendengarkan musik hanya mencatat waktu 7 menit 35 detik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.