Kompas.com - 27/02/2018, 07:27 WIB

KOMPAS.com - Sebuah video yang dibagikan oleh akun instagram @9gag tiba-tiba viral. Itu karena dalam video tersebut terlihat seorang pria menggendong hewan yang mirip dengan komodo.

"(Ku)pikir mereka bilang komodo sangat mematikan," tulis akun @9gag dalam caption/keterangan video tersebut.

Sontak pengguna internet langsung riuh menanggapi video yang sebenarnya diambil oleh pemilik akun @therealtarzann. Bahkan hingga artikel ini ditulis, video tersebut telah dilihat lebih dari 4 juta kali dan mendapat lebih dari 12.000 komentar.

Lalu benarkah hewan dalam video tersebut adalah komodo?

Baca juga: Indonesia Dapat Panda, China Tertarik Komodo

Sebenarnya, jika diperhatikan secara saksama, pria dalam video tersebut tidak menyebut bahwa hewan yang digendongnya adalah komodo. Dia menyebutnya Salvator black dragon dari Indonesia, salah satu dari tiga reptil paling besar di dunia.

Pria tersebut juga menjelaskan bahwa reptil yang paling besar di dunia adalah komodo, kedua adalah buaya modern, dan ketiga adalah biawak air Asia yang digendongnya.

Meski begitu, keterangan video dari @9gag terlanjur membuat sensasi. Bahkan, sesaat setelah video tersebut menjadi perbincangan publik, akun instagram resmi miliki Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan komentarnya.

"Itu bukan komodo tapi black dragon atau biawak air Asia," komentar akun @Kementerianlhk.

Dalam instastory-nya, akun tersebut juga menyebut bahwa ukuran biawak air asia (Varanus salvator) dan komodo sangat mirip.

"Ciri khas komodo bisa dilihat dari lidah yang berwarna merah muda/pink," tulis akun tersebut sebagai keterangan tambahan.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.