Indonesia Dapat Panda, China Tertarik Komodo

Kompas.com - 28/09/2017, 20:29 WIB
Sepasang panda (Ailuropada Melanoleuca) hasil pengembangbiakan China Wildlife Conservation Association (CWCA) dengan nama Cai Tao (Jantan) dan Hu Chun (betina) tiba di Terminal Cargo Garuda Indonesia Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (28/09/2017). Indonesia  secara resmi menjadi negara ke 16 di seluruh dunia, dan negara ke empat di Asia Tenggara yang mendapatkan peminjaman pengembangbiakan Giant Panda. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELISepasang panda (Ailuropada Melanoleuca) hasil pengembangbiakan China Wildlife Conservation Association (CWCA) dengan nama Cai Tao (Jantan) dan Hu Chun (betina) tiba di Terminal Cargo Garuda Indonesia Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (28/09/2017). Indonesia secara resmi menjadi negara ke 16 di seluruh dunia, dan negara ke empat di Asia Tenggara yang mendapatkan peminjaman pengembangbiakan Giant Panda.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Indonesia menjadi negara ke-16 yang mendapat kepercayaan untuk mengembangbiakkan panda raksasa (Ailuropoda melanoleuca).

Kedatangan panda raksasa dari China ke Indonesia disambut secara antusias oleh pemerintah maupun publik secara luas. Banyak yang mendambakan bisa melihat panda dari dekat.

Ternyata, bukan hanya Indonesia yang antusias pada hewan langka dari China. Negara itu pun tertarik dengan satwa langka dari Indonesia, komodo (Varanus komodoensis)

Baca Juga: Ada Rahasia di Usus Panda

“Mereka tertarik dengan spesies global ikonik, di negara lain kan tidak ada. Yang bagus memang lihat di Taman Nasional Komodo,” kata Direktur Jenderal Konservasi dan Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Wiratno.

Namun, dihubungi Kompas.com hari ini, Wiratno mengatakan belum ada perbincangan apakah Indonesia juga akan memberikan kepercayaan pengelolaan komodo.

Malam ini, Wiratno akan mengadakan perbincangan dengan Kedutaan Besar China untuk Indonesia sambil makan malam.

“Malam ini nanti ada perbincangan G to G (Government to Government) untuk membahas hal ini,” kata Wiratno.

Baca Juga: Panda Raksasa Bakal Jalani Karantina, Mengapa?

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X