Kompas.com - 23/02/2018, 18:32 WIB

KOMPAS.com - Dunia fantasi (Dufan) tak hanya dikenal dengan aneka macam mainannya. Maskot dufan berupa monyet berhidung panjang dan mancung juga sangat populer.

Itu sebenarnya adalah bekantan (Nasalis Iarvatus) yang endemik di Kalimantan. Monyet berambut coklat itu memiliki kekhasan perut buncit, hidung besar dan mancung.

Berbicara tentang hidung bekantan yang sangat khas dan ikonik, peneliti menyebut bahwa itu adalah hal terpenting dalam hidupnya. Khususnya bagi bekantan jantan, hidung mancung dan besarnya mampu memikat banyak monyet betina.

Hal ini telah dibuktikan oleh peneliti gabungan Internasional dari Universitas Cardiff, Pusat Lapangan Danau Girang (Malaysia), Universitas Kyoto, dan Departemen Margasatwa Sabah (Malaysia).

Baca juga : Mengenal Bekantan, Primata Asli Borneo yang Sedang Melawan Kepunahan

Hidung bekantan tak hanya menarik untuk spesiesnya saja. Para ahli biologi pun banyak yang penasaran dan berlomba mencari tahu bagaimana evolusinya.

Penelitian yang diterbitkan dalam Science Advances, Rabu (21/2/2018) mencoba menjelaskan apa yang menarik dari monyet berhidung besar.

"Kami mengamati bahwa pembesaran hidung memodifikasi perubahan resonansi dalam olah suara monyet jantan, yang mungkin memberi kode bahwa ia berkualitas. Oleh sebab itu, penelitian kami mengindikasi bahwa hidung besar dan suara sangat berkontribusi untuk memikat betina," kata Dr Sen Nathan, asisten direktur dari Departemen Margasatwa Sabah, dilansir Physorg, Kamis (22/2/2018).

Mereka juga melampirkan data pengukuran morfologi, rekaman suara monyet jantan dan betina, dan pengamatan perilaku sosial untuk memahami ciri khas primata.

Termasuk gambaran sesungguhnya akan kehidupan primata yang populasinya menurun drastis dan terancam punah karena hilangnya habitat.

"Berdasarkan data yang dikumpulkan, kami menguji korelasi antara berat tubuh, karakteristik wajah, volume testis, suara, dan jumlah selir betina yang dimiliki monyet jantan," ujar Dr. Ikki Matsuda yang berasal dari Universitas Chubu dan Universitas Kyoto itu.

"Selain hidung besar berfungsi sebagai pemikat betina, kami menemukan bahwa monyet jantan yang punya hidung besar cenderung memiliki berat badan dan testis yang lebih besar. Hal ini menunjukkan hidung yang besar juga berkaitan dengan dominasi sosial dan tingginya jumlah sperma yang dimiliki," sambung Matsuda.