Kompas.com - 22/02/2018, 18:32 WIB
Ikan triplefin memiliki mata seperti senter yang dapat dinyalakan sesuka hatinya. Ikan triplefin memiliki mata seperti senter yang dapat dinyalakan sesuka hatinya.

KOMPAS.com - Hidup di laut dalam yang gelap membuat beberapa spesies berkembang dengan bentuk dan kemampuan yang unik dan aneh.

Salah satunya seperti ikan triplefin yang hidup di kedalaman lima sampai 50 meter, ia memiliki mata seperti senter.

Ikan dengan panjang 2-3 inci atau 5 sampai 7,5 sentimeter itu dapat mengeluarkan cahaya dari mata dan mengubah warna cahaya sesuai kebutuhan.

Kini, peneliti asal University of Tübingen, Jerman, berhasil menjelaskan mengapa ikan triplefin mampu memiliki mata yang mirip lampu sorot sehingga dapat menangkap sedikit cahaya dan memantulkannya kembali untuk menguntit mangsa.

Baca juga : 400 Juta Tahun Lalu, Ikan Bisa Berjalan

Temuan baru yang dipublikasikan dalam Royal Society Open Science, Rabu (21/2/2018), menyatakan bahwa ikan triplefin (Tripterygion delaisi) memiliki kontrol penuh atas daerah reflektif irisnya, sehingga dapat menyesuaikan warna cahaya yang dipantulkan dengan cepat agar bisa melihat sasaran dengan lebih jelas.

"Ikan triplefin dapat mengganti cahaya menjadi berwarna merah atau biru. Kami menduga frekuensi dan warna sinar bergantung pada latar belakang dan keberadaan mangsa," kata Nico K. Michiels, pemimpin penelitian dari Institut Evolusi dan Ekologi di Universitas Tübingen,  dilansir BGR, Rabu (21/2/2018).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pada percobaan pertama, kami menemukan bahwa sinar biru secara signifikan lebih sering menyala terhadap latar belakang merah dan sinar merah menyala pada latar belakang biru, terutama saat kelompok Copepoda (crustacea kecil seperti plankton dan bentos, red) muncul," sambung penulis.

Peneliti kemudian melakukan percobaan lagi untuk menentukan apakan ikan yang belum makan juga bisa melakukan kemampuan mengeluarkan sinar, hal itu ternyata tidak terjadi.

Percobaan ini semakin menunjukkan bahwa warna lingkungan adalah faktor pendorong terbesar agar ikan triplefin dapat memancarkan sinarnya. Inilah yang memperkuat teori bahwa ikan ini punya kendali penuh atas senter pada matanya yang mungil.

Baca juga : Kasus Langka, Dokter Temukan Cacing Pita dan Ribuan Telur di Mata Pria

Selain ikan triplefin, masih banyak makhluk laut dalam yang memanfaatkan cahaya dengan cara menarik. Ada ikan yang mampu melakukan bioluminescence atau menghasilkan cahaya sendiri untuk memancing mangsa atau kabur dari buruan.

Akan tetapi ikan triplefin tidak menghasilkan cahaya sendiri, namun mereka mengandalkan cahaya apa pun untuk dapat melihat kedalaman tempat ia berada.

Ikan triplefin diklaim sebagai satu-satunya makhluk penghasil cahaya yang dapat mengubah warna cahaya yang dipantulkan sesuka hati. Ini yang membuatnya sangat istimewa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber bgr
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.