Kompas.com - 19/02/2018, 20:15 WIB
Shela Kusumaningtyas,
Yunanto Wiji Utomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com — Hannah Byme, ilmuwan dari Bangor University di Inggris, mengumumkan hasil penelitian terbarunya tentang ikan zaman lampau yang bisa berjalan. Hal ini ia sampaikan dalam acara Ocean Sciences di Portland, Oregon, pada Kamis (15/2/2018).

Diketahui dari penelitian tersebut bahwa untuk menghadapi gelombang pasang-surut yang berulang selama dua minggu, ikan-ikan yang hidup 400 juta tahun lalu  mengandalkan sirip dan otot yang kuat untuk berjalan.

Jika tidak, ikan-ikan tersebut terombang-ambing di daratan dan tidak bisa balik ke laut. Tinggi gelombang pada zaman lampau bisa mencapai 4 meter atau lebih.

Para peneliti berpendapat, hanya ikan yang yang memiliki kemampuan adaptasi seperti itulah yang bisa bertahan. Ini diperkuat dengan adanya penemuan fosil pertama tetrapoda terestrial, yakni ikan bersirip Tiktaalik dari Pulau Ellesmere, Kanada, dan di sepanjang jalur Pegunungan Holy Cross di Polandia. Di tempat penemuan fosil kuno itu terjadi siklus pasang surut air laut.

Matthew Huber, pakar iklim purba di Universitas Purdue, ikut menanggapi hasil penelitian tersebut. Menurut Huber, dibutuhkan lebih banyak bukti untuk menguatkan bahwa fenomena pasang surut dan evolusi hewan yang berjalan di darat bukan suatu kebetulan. Meski demikian, Matthew menilai penelitian ini menarik dan patut untuk ditindaklanjuti.

Komentar lain datang dari Jennifer Clack, pakar paleontologi dari Universitas Cambridge, yang  masih meragukan hasil penelitian tersebut.