Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kasus Langka, Dokter Temukan Cacing Pita dan Ribuan Telur di Mata Pria

Kompas.com - 20/02/2018, 21:06 WIB
Shierine Wangsa Wibawa

Penulis

KOMPAS.com -- Masih ingatkan Anda mengenai kisah seorang perempuan yang menemukan 14 cacing parasit di bawah kelopak matanya? Kini, sebuah cerita yang tidak kalah mengerikan datang dari seorang pria di Florida.

Pada awalnya, pria bernama Sam Cordero ini merasa melihat sesuatu bergerak di pandangannya. “Aku melihat titik hitam di mata kiri. Aku juga melihat sesuatu bergerak ke kiri dan ke kanan,” ujarnya kepada media lokal WTFS.

Merasa khawatir, Cordero kemudian memeriksakan diri, dan menemukan bahwa ada cacing pita yang hidup dan bertelur di dalam matanya.

Baca juga : Ngeri tapi Nyata, Wanita Ini Temukan 14 Cacing Parasit dalam Matanya

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, cacing pita yang menginfeksi Cordero bernama Taenia solium dan berasal dari daging babi yang masih mentah atau tidak matang. Cordero berkata bahwa dia memang tidak sengaja memakan daging babi yang belum matang ketika natal.

Parasit tersebut kemudian bergerak dari ususnya melalui aliran darah dan masuk ke dalam mata. Ketika Cordero menemui dokter, cacing pita telah berada di badan bening, ruangan berisi cairan di belakang lensa mata.

CDC juga menulis bahwa infeksi T solium sebetulnya bukan hal langka. Kebanyakan orang akan mengalami sakit perut, kehilangan nafsu makan, dan berat badannya turun. Akan tetapi, infeksi mata akibat cacing ini sangat jarang terjadi dan baru 20 kali dilaporkan di seluruh dunia.

Baca juga : Cacing Jenis Baru Ditemukan, Buktikan Kekayaan Tanah Sulawesi

Bersama dengan Cordero, Dr Don Perez dari Perez Eye Center kini telah menangani dua pasien dengan infeksi mata akibat cacing pita.

Dia berkata bahwa cacing pita di mata bisa menyebabkan kebutaan. Telurnya, yang tidak harus dari mata, juga bisa menginfeksi otak dan tumbuh menjadi kista.

Perez pun melakukan prosedur mata untuk membuang cacing pita. Ia berhasil mengeluarkan sebuah cacing berukuran 3 milimeter dan puluhan ribu telurnya.

Kini, Cordero telah sembuh dan tidak mengalami masalah pengelihatan sama sekali. Namun, kejadian tersebut membuatnya trauma untuk makan daging babi kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com