Kompas.com - 20/02/2018, 18:06 WIB

KOMPAS.com – Pada hari Sabtu lalu (17/2/2018), robot Opportunity milik NASA merayakan hari ke-5.000 di Mars, walaupun dikira hanya mampu bertahan 90 hari saja.

Opportunity diluncurkan menggunakan Delta II ke Mars bersama saudara kembarnya Spirit pada 7 Juli 2003. Keduanya mendarat di dua sisi selatan Mars yang berbeda pada Januari 2004.

Hari kedatangan Opportunity, yakni 25 Januari, dianggap Sol1 atau hari pertamanya di Mars. Sebagai informasi, satu hari di Mars 40 menit lebih lama daripada satu hari di bumi.

Baca juga : Robot Curiosity Foto ?Selfie? di Mars, Ini Hasilnya

Baik Opportunity maupun Spirit dikira hanya akan bertahan 90 sol saja dan tidak akan bisa melewati musim dingin mereka di Mars yang panjangnya dua kali lipat musim dingin di bumi. Pasalnya, sisi selatan Mars tidak mendapat cukup matahari pada musim dingin untuk mengoperasikan kedua robot.

Akan tetapi, tim NASA kemudian mendapat ide untuk selalu mengarahkan panel robot ke utara agar selalu menghadap matahari. Solusi ini membuat kedua robot mampu melewati batas 90 hari tersebut.

Sayangnya, Spirit kemudian terjebak di dalam pasir dan tidak bisa menghadapkan panelnya ke matahari. Ia pun dianggap hilang pada musim dingin keempatnya di tahun 2009.

Baca juga : Mengenal Mars 2020, Robot Baru yang Akan Jadi Mata Kita di Mars

Kini, Opportunity telah melewati musim dingin kedelapannya dan telah pergi sejauh 45 kilometer dari titik pendaratannya. Bersama Curiosity, ia adalah salah satu dari dua robot yang masih berfungsi di planet merah tersebut.

Dalam perjalanannya, Opportunity telah memberi kita banyak informasi baru tentang Mars, termasuk bukti bahwa di masa lalunya, planet ini kemungkinan besar memiliki air di permukaan dan bawah tanah.

Tim NASA berkata bahwa Opportunity sedang mengeksplorasi saluran kecil yang disebut “Lembah Kegigihan”. Ia bertugas untuk membantu para peneliti menyelidiki proses geologi yang membentuk wilayah tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.