Kompas.com - 05/02/2018, 14:08 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA baru saja membagikan hasil foto selfie yang diambil oleh robot Curiosity di Mars.

Foto tersebut diambil pada 23 Januari 2018 di punggung bukit Vera Rubin dengan latar belakang Gunung Sharp. “Kaki gunung ini memberikan akses untuk lapisan-lapisan yang terbentuk selama jutaan tahun. Lapisan-lapisan ini terbentuk oleh air – kemungkinan karena danau yang ada di kaki gunung, yang duduk di kawah Gale,” kata JPL.

Menurut JPL, Curiosity menggunakan Mars Hands Lens Imager (MAHLI) untuk mengambil foto tersebut dalam bentuk mozaik. Kamera tersebut dioperasikan menggunakan gerakan pergelangan dan rotasi turret pada lengan Curiosity.

“Lengannya diposisikan di luar foto, atau sebagian foto, yang digunakan dalam mozaik ini,” tulis NASA dalam laman resminya.

Baca juga : Mengenal Mars 2020, Robot Baru yang Akan Jadi Mata Kita di Mars

Selain foto selfie tersebut, NASA juga membagikan foto panorama yang diambil oleh Curiosity dari punggung bukit Vera Rubin tiga bulan lalu. Foto tersebut menggambarkan perjalanan Curiosity sejauh 17 kilometer sejak mendarat di kawah Gale pada 2012.

“Walaupun Curiosity terus memanjat selama lima tahun, ini adalah kali pertama kita bisa melihat ke belakang dan memandang seluruh misi yang terhampar di bawah kita,” kata Ashwin Vasavada, Ilmuwan Proyek Curiosity di JPL.

Dia melanjutkan, dari punggung bukit Vera Rubin, hamparan lantai kawah yang luas berlanjut ke pengunungan yang membentuk pinggiran utara dari Kawah Gale.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Time
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.