Kompas.com - 13/02/2018, 21:37 WIB

KOMPAS.com -- Bayangkan bila ketika mata terasa gatal, Anda tidak mendapati bulu mata, tetapi malah menemukan seekor cacing bening bergerak-gerak di ujung jari Anda. Ini bukan cerita fiksi, melainkan pengalaman nyata dari seorang wanita di Oregon, Amerika Serikat.

Abby Beckley pertama kali merasakan keberadaan cacing parasit di matanya ketika sedang memancing salmon di Alaska pada musim panas 2016. Menurut dia, rasanya seperti ada bulu mata yang menusuk-nusuk. Namun, dia tidak menemukan apa-apa sampai lima hari kemudian.

“Satu pagi, aku bangun dan merasa harus mengeluarkan apa pun itu yang menganggu mataku,” ujarnya kepada National Geographic, Senin (12/2/2018).

Memantapkan diri, Beckley menarik kelopak matanya dan mencubit kulit yang membengkak. Ketika ditarik, Beckley menemukan cacing bening di jarinya. Cacing tersebut sempat bergerak-gerak sebentar sebelum mati.

Baca juga : Cacing Laut Tanpa Anus Bukti Belum Meratanya Evolusi di Bumi

Pada saat itu, Beckley tidak terlalu khawatir, tetapi dia terus-terusan menemukan lebih banyak cacing di matanya. Pada cacing ke-6, Beckley pun menyerah dan pergi menemui dokter di Ketchikan, Alaska. Dokter-dokter tersebut, kata Beckley, terkejut dan tidak tahu cacing apa yang ada di matanya.

Beckley kemudian kembali ke Oregon dan menemui staf medis di Oregon Health & Science University. Awalnya, para staf medis tidak mempercayai cerita Beckley dan meyakini bahwa yang dilihatnya hanya lendir.

Namun setelah setengah jam mengamati mata Beckley, para dokter melihat cacing tersebut bergeliat di matanya.

T gulosa di mata Abby BeckleyDR. JOHN HOYT/CDC T gulosa di mata Abby Beckley

Thelazia gulosa

Mereka pun berhasil menarik salah satu cacing dan mengirimkannya ke Richard Bradbury yang memimpin Laboratorium Diagnosis Parasit di Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS. Pada tahun lalu, tim Bradbury telah berhasil mengidentifikasikan 6.700 parasit.

“Semua parasit ini sangat langka, tetapi yang ini (cacing di mata Beckley) luar biasa langka,” ujarnya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.