Kompas.com - 05/02/2018, 10:18 WIB
Bajanda_afp_getty Bajanda_afp_gettyBajanda_afp_getty
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Meskipun sudah menjalani operasi puluhan kali, kutil di tubuh seorang pria di Bangladesh muncul kembali.

Bajandar (24), si "manusia kutil", mengaku trauma apabila harus kembali ke meja operasi.

Setahun lalu tim dokter melakukan 24 kali operasi untuk menghilangkan 5 kilogram kutil yang ada di kaki dan tangan Bajandar. 

Dikutip dari Livescience, Jumat (2/2/2018), saat itu tim dokter optimistis Bajandar bisa sembuh, tetapi akhir-akhir ini Bajandar mengeluhkan kutil di tubuhnya muncul kembali.

Baca Juga: Mengenal HPV, Virus yang Sebabkan Kanker Serviks hingga Kutil Kelamin

"Saya takut apabila harus kembali menjalani operasi," kata Bajandar kepada AFP. "Saya tidak yakin, apakah tangan dan kaki saya bisa sembuh," tambahnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bajandar memiliki kondisi genetik langka yang disebut epidermodysplasia verruciformis.

Menurut penelitian tahun 2010, pengidap penyakit ini lebih rentan terhadap infeksi human papillomavirus (HPV) pada kulit mereka. Infeksi HPV bisa menyebabkan tumbuhnya kutil pada manusia dan 50 persen kutil tersebut berkembang menjadi tumor ganas.

Sementara ini cara pengobatan yang dilakukan pasien selain operasi adalah mengonsumsi obat retinoid untuk menghambat pertumbuhan sel atau dengan interferon yang digunakan untuk melawan infeksi virus.

Akan tetapi, dari sejumlah pengobatan yang dilakukan, belum ada laporan kutil tidak tumbuh kembali. Peneliti masih mencari cara pengobatan yang tepat untuk mengatasi penyakit tersebut.

Baca Juga: Kutil Kelamin, Infeksi Menular Seksual akibat Virus

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.