Wajah Titan Satelit Saturnus Terungkap, Ternyata Mirip Bumi

Kompas.com - 25/01/2018, 09:09 WIB
Satelit saturnus Titan mirip Bumi Satelit saturnus Titan mirip Bumi
|
EditorGloria Setyvani Putri

KOMPAS.com -- Setelah memilah data dari misi Cassini yang mengorbit di Saturnus, peneliti dari Cornell University akhirnya berhasil memetakan permukaan satelit terbesar planet Saturnus, Titan.

Dari pemetaan topografi terbaru ini, peneliti menemukan sesuatu yang tidak terbayangkan sebelumnya. Ternyata, Titan memiliki beberapa kemiripan dengan Bumi.

Sebagai contoh, peta tersebut memperlihatkan adanya permukaan laut yang serupa dengan planet kita ini. Meski lautan itu berisi dengan senyawa hidrokarbon yang super dingin, peneliti menemukan bahwa lautan Titan memiliki permukaan ekipotensial atau permukaan laut yang sama dengan lautan Bumi.

Baca juga:  Mengapa Wahana Antariksa Cassini Harus Dihancurkan?

Sejak Cassini memberikan foto-foto penampakan pertama Titan, para peneliti telah menggunakan citra tersebut untuk mengeksplorasi kesamaannya dengan Bumi.

Astronom Cornel Alex Hayes menyebut jika peneliti mengukur dengan seksama ketinggian permukaan cairan dengan tingkat akurasi hingga 40 sentimeter.

Selain itu, Hayes percaya bahwa mungkin saja lautan hidrokarbon di Titan mengalir dan berhubungan satu sama lain di bawah permukaan daratan yang akan memberi kesan bahwa  ada lebih banyak hidrokarbon cair di Titan daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Temuan yang telah dipublikasikan di jurnal Geophysical Research Letters ini tentunya menjadi keberhasilan dunia astronomi.