Kompas.com - 17/01/2018, 18:09 WIB
Ilustrasi kanker prostat. ThinkstockIlustrasi kanker prostat.
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Kanker adalah penyakit yang ditakuti oleh banyak orang. Untuk memastikan seseorang mengidap kanker, biasanya dilakukan biopsi.

Biopsi adalah pengambilan jaringan tubuh untuk pemeriksaan laboratorium lebih lanjut. Namanya saja mengambil jaringan tubuh, tentunya prosedur ini cukup menyakitkan.

Namun, baru-baru ini, para peneliti membuat tes untuk mendeteksi kanker prostat tanpa melewati prosedur menyakitkan tersebut.

Menggunakan tes darah

Para peneliti dari Nottingham Trent dan University Hospitals Leicester NHS Trust menemukan bahwa sistem kekebalan tubuh seseorang berubah saat kanker hadir. Perbedaan ini bisa dilihat dalam darah penderita.

Baca juga: Para Pria, Kenalilah Gejala Kanker Prostat

Hal inilah menjadi dasar mereka mengembangkan tes darah untuk mendeteksi kanker prostat. Tes darah yang digunakan untuk deteksi kanker prostat sebelumnya dinamakan PSA.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tes darah PSA ini mencari antigen spesifik prostat, sebuah tanda biologi yang menjadi lebih tinggi saat penyakit tersebut ada di dalam prostat seseorang.

Sayangnya, pembacaan tes ini bervariasi untuk masing-masing individu. Selain itu, antigen tersebut meningkat secara alami seiring bertambahnya usia seseorang.

"Meskipun tes darah PSA biasanya digunakan untuk menguji keberadaan kanker prostat, hal itu bisa relatif tidak spesifik," kata Profesor Graham Pockley, Direktur Pusat Penelitian Kanker John van Geest dari Nottingham Trent University dikutip dari The Telegraph, Rabu (17/01/2018).

"Tantangan khusus bagi petugas klinis adalah mendiagnosis adanya kanker prostat pada individu yang tidak memiliki gejala penyakit, namun memiliki tingkat PSA yang sedikit meningkat dalam darah. Studi ini menyoroti nilai kolaborasi seperti ini," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.