Kompas.com - 16/01/2018, 18:01 WIB
|
EditorGloria Setyvani Putri


KOMPAS.com –- Saat musim hujan, flu adalah penyakit yang paling sering ditemui. Meski relatif bukan penyakit kelas berat, flu juga dapat mengganggu aktivitas sehari-sehari.

Sebagian besar dari kita percaya bahwa obat warung dapat menyembuhkan flu dalam beberapa hari, dan kita tetap dapat beraktivitas seperti biasa.

Namun, pada kondisi tertentu, jauh lebih baik untuk mengunjungi dokter. Pasalnya, tanpa penanganan yang tepat, flu dapat berujung pada penyakit yang lebih serius.

Dr Amesh Adalja, spesialis penyakit menular dan seorang ilmuwan senior di Pusat Keamanan Kesehatan Johns Hopkins, mengatakan, terdapat gejala yang dapat Anda perhatikan sebelum memutuskan meringkuk di rumah atau pergi ke rumah sakit.

Baca juga : Bagaimana Bisa Pria 21 Tahun Gagal Organ dan Meninggal karena Flu?

"Bila seseorang tidak dapat bernafas dengan normal, itu pertanda flu bisa berlanjut ke pneumonia (infeksi paru-aru, red)," kata Adalja dilansir Live Science, Jumat (12/1/2018).

Virus influenza biasanya menginfeksi bagian atas saluran pernafasan, seperti bronkus atau tabung menuju paru-paru. Jika infeksi bergerak ke bawah, Anda akan kesulitan bernafas dan kondisi tubuh bertambah parah lebih cepat sehingga harus mendapat perawatan yang tepat.

Selain itu, demam yang tak kunjung membaik, di atas 38,3 derajat Celcius, adalah tanda Anda wajib mengunjungi dokter. Dalam kondisi seperti ini, tubuh akan merasa lelah yang signifikan. Bahkan, Anda merasa tak dapat melakukan apapun selain berbaring.

Baca juga : Temuan Terbaru, Makin Banyak Orang yang Meninggal akibat Flu

Adalja berkata bahwa beberapa orang, seperti wanita hamil, pemilik transplantasi organ, atau pasien kanker yang menjalani kemoterapi, punya risiko lebih tinggi terkena pneumonia. Oleh karena itu, mereka disarankan untuk mencari perawatan tambahan jika gejala flu muncul.

Selain itu, anak usia di bawah 6 bulan, orang tua, dan pengidap asma berat juga berisiko terkena pneumonia. Penyakit ini dapat mengganggu fungsi paru-paru atau lebih parah hingga harus menggunakan ventilator.

Jika Anda memutuskan berisitirahat di rumah, Adalja meminta untuk memperhatikan gejala-gejala di atas. "Pastikan Anda membaik," pesan Adalja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.