Kompas.com - 12/01/2018, 12:04 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

KOMPAS.com -- Tahun ini tampaknya akan menjadi tahun bersejarah bagi dunia astronomi. Astrofisikawan percaya bahwa dalam waktu dekat, mereka akan dapat melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya, yaitu melihat rupa lubang hitam.

Jika benar terjadi, hal ini bisa membawa implikasi luas terhadap pemahaman kita mengenai alam semesta.

Lubang hitam merupakan titik di luar angkasa yang memiliki tarikan gravitasi yang begitu kuat sehingga tak ada sedikitpun cahaya yang bisa menembusnya.

Selama ini, lubang hitam masih menjadi obyek perdebatan. Albert Einstein pernah mengemukakan soal keberadaan lubang hitam ini dalam teori relativitasnya, tetapi pada akhirnya dia sendiri pun tidak yakin jika itu benar-benar ada.

Sejauh ini, memang belum ada yang mampu membuktikan jika obyek tersebut memang nyata.