Kompas.com - 12/01/2018, 12:04 WIB
|
EditorShierine Wangsa Wibawa

 

KOMPAS.com -- Tahun ini tampaknya akan menjadi tahun bersejarah bagi dunia astronomi. Astrofisikawan percaya bahwa dalam waktu dekat, mereka akan dapat melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya, yaitu melihat rupa lubang hitam.

Jika benar terjadi, hal ini bisa membawa implikasi luas terhadap pemahaman kita mengenai alam semesta.

Lubang hitam merupakan titik di luar angkasa yang memiliki tarikan gravitasi yang begitu kuat sehingga tak ada sedikitpun cahaya yang bisa menembusnya.

Selama ini, lubang hitam masih menjadi obyek perdebatan. Albert Einstein pernah mengemukakan soal keberadaan lubang hitam ini dalam teori relativitasnya, tetapi pada akhirnya dia sendiri pun tidak yakin jika itu benar-benar ada.

Sejauh ini, memang belum ada yang mampu membuktikan jika obyek tersebut memang nyata.

Baca juga : Lubang Hitam Terjauh Ditemukan, Apa Artinya bagi Kita?

Namun, The Event Horizon Telescope (EHT) tampaknya akan segera membuktikan keberadaan lubang hitam.

EHT merupakan jaringan teleskop yang ada di seluruh dunia. Dengan menyelaraskan kerja teleskop, perangkat-perangkat tersebut ini bisa menyediakan komponen yang diperlukan untuk menangkap gambar lubang hitam.

"Pertama, diperlukan perbesaran tingkat tinggi, ekstremnya mampu melakukan pengamatan hingga bisa menghitung lubang lekukan pada bola golf yang ada di Los Angeles ketika kita berada jauh di New York," kata Sheperd Doeleman, Direktur EHT dikutip dari Science Alert, Kamis (11/1/2018).

Selanjutnya, menurut Doeleman, tim peneliti perlu mencari jalan untuk melihat melalui gas di bima sakti dan gas panas di sekitar lubang hitam itu sendiri. Hal itu tak mudah karena membutuhkan teleskop sebesar bumi.

Peran inilah yang kemudian diambil oleh EHT. Tim EHT menciptakan teleskop virtual seukuran bumi, dengan menggunakan jaringan antena teleskop yang tersebar di seluruh planet ini.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.