Kompas.com - 11/01/2018, 18:05 WIB
Salah satu sisik kupu-kupu purba di bawah mikroskop Salah satu sisik kupu-kupu purba di bawah mikroskop

KOMPAS.com - Mendengar kata kupu-kupu atau ngengat, biasanya yang terbayang serangga cantik dengan sayap berbagai warna. Selain sayap yang elok, mereka juga mempunyai belalai panjang untuk menghisap nektar bunga.

Ternyata belalai panjang tersebut telah dimiliki sejak lama oleh nenek moyang kupu-kupu dan ngengat. Sebuah temuan terbaru yang dilakukan peneliti asal Eropa membuktikan hal ini.

Fakta ini bermula dari penemuan fosil kupu-kupu yang ditemukan di Jerman. Dari penelitian yang dilakukan, fosil itu diprediksi berusia lebih dari 200 juta tahun.

Temuan menarik yang sudah diterbitkan di jurnal Science Advances, Rabu (10/1/2018) itu menandai temuan kupu-kupu tertua di bumi sekaligus melihat evolusi kupu-kupu dan ngengat.