Punya "Jambul" Kuning, Ngengat Ini Dinamai Donald Trump

Kompas.com - 18/01/2017, 12:05 WIB
Ngengat Donald Trump (Neopalpa donaldtrumpi) Vazrick NazariNgengat Donald Trump (Neopalpa donaldtrumpi)
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Meneliti koleksi Bohart Museum of Entomology, pakar biologi dan evolusi Kanada, Vazrick Nazari, menemukan spesies ngengat unik yang punya ornamen semacam jambul di wajah.

Nazari menamai spesies baru itu Neopalpa donaldtrumpi, sesuai dengan nama Presiden ke-45 Amerika Serikat, Donald Trump.

Mengapa dinamai dengan nama Trump?

"Epitet spesifik ini dipilih untuk merepresentasikan ornamen semacam sisik di kepala yang mirip dengan jambul Donald Trump," katanya.

"Pemilihan nama ini juga bertujuan untuk mengajak publik menyadari pentingnya melindungi habitat yang rentan yang masih menyimpan banyak spesies yang belum terdeskripsikan," katanya.

N donaldtrumpi adalah hewan kecil yang lebarnya tak sampai 1 cm dan sayap berwarna kuning-oranye dan coklat.

Nazari menyadari bahwa N donaldtrumpi memiliki karakter berbeda dari spesies ngengat lain sehingga menyatakannya sebagai spesies baru.

"Saya harap Donald Trump menerimanya dengan baik sesuai dengan semangat penamaannya," kata Nazari seperti dikutip Washington Post, Selasa (17/1/2017).

"Kita perlu pemerintahan selanjutnya melanjutkan usaha melindungi habitat yang rentan di seluruh Amerika Serikat," katanya.

N donaldtrumpi bisa ditemukan di Algodones Dunes, California bagian selatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.