Kompas.com - 10/01/2018, 12:30 WIB
|
EditorGloria Setyvani Putri

KOMPAS.com -- Jeannette LeBlanc, seorang perempuan asal Texas, Amerika Serikat, meninggal usai makan tiram mentah. Menurut laporan berita lokal, perempuan ini mengalami infeksi fatal yang membuat nyawanya tak lagi bisa diselamatkan.

Kejadian bermula saat LeBlanc dan temannya, Karen Bowers, piknik di pantai Lousiana pada bulan September 2017. Mereka berdua menikmati indahnya pantai sambil menyantap dua lusin tiram mentah.

Tak berselang lama, LeBlanc mengalami sesak nafas dan ruam di kedua kakinya. Bower berkata kepada CBS gejalanya mirip dengan alergi.

Kondisi LeBlanc semakin memburuk dan dokter mendiagnosis bahwa dia terinfeksi bakteri Vibrio yang ada di daging mentah.

Baca Juga: Virus Ini Bisa Lawan Tumor Otak dan Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dikutip dari Live Science, pada Senin (8/1/2018) Leblanc keracunan tiram mentah dan air payau. Dia meninggal pada 15 Oktober 2017 setelah dirawat selama 21 hari. Vicki Berquist, pasangan LeBlanc, sangat menyesal atas kejadian tersebut.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), bakteri Vibrio hidup di daerah pesisir dan jumlahnya melimpah pada bulan Mei dan Oktober, saat air sedang hangat.

Infeksi bakteri Vibrio bisa terjadi saat kita sedang bermain di air payau dengan luka terbuka pada kulit. Selain itu, makanan dari laut yang dimasak setengah matang atau mentah juga bisa memicu munculnya infeksi.

CDC mencatat bahwa serangan bakteri Vibrio di Amerika mencapai 80.000 kasus per tahun, dan 100 orang di antaranya meninggal.

Biasanya, orang yang terkena infeksi Vibrio dari tiram mentah hanya mengalami mual dan diare. Gejala ini akan sembuh dalam tiga hari.

Namun pada beberapa orang, penyakit yang lebih serius bisa terjadi. Bakteri vibrio bisa menginfeksi aliran darah dan menimbulkan iritasi kulit yang parah. Sekitar satu dari empat pasien dengan infeksi serius meninggal dunia.

Baca Juga: Terobosan Baru, Nanopartikel Antivirus Hancurkan Virus Dengue dan HIV

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.