Kompas.com - 05/01/2018, 20:06 WIB
Bulan biru diabadikan dari pasuruan pada Jumat (31/7/2015) Muhammad SolehBulan biru diabadikan dari pasuruan pada Jumat (31/7/2015)
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Setelah penampakan supermoon pada 1 Januari 2018 lalu, bulan akan kembali menampakan keistimewaannya pada 31 Januari 2018. Hebatnya lagi, penampakan tersebut adalah sesuatu yang belum pernah terjadi selama 150 tahun.

Pasalnya, tiga fenomena langka bulan akan terjadi sekaligus pada hari itu. Tiga fenomena tersebut adalah supermoon, blue moon, dan gerhana bulan.

Fenomena langka ini akan mengakibatkan gerhana super blue blood moon. Menariknya, pemandangan terbaik dari fenomena langka ini akan terlihat di Indonesia.

Baca juga: Akan Ada Malam Berhiaskan Supermoon Biru Sekaligus Gerhana pada 2018

Lalu, seperti apa gerhana super blue blood moon tersebut?

Pada 31 Januari 2018 esok, sebuah supermoon seperti yang terjadi pada tahun baru kembali menyapa kita. Saat itu, bulan sedang purnama dan berada paling dekat dengan bumi di orbitnya.

Ini tentu membuat bulan lebih terlihat besar dan terang daripada biasanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, karena purnama menampakkan dirinya dua kali dalam jangka waktu satu bulan maka fenomena ini dikenal sebagai blue moon atau bulan biru. Blue moon sendiri merupakan fenomena langka yang terjadi 2,5 tahun sekali.

Puncaknya, hari itu juga akan terjadi gerhana bulan total.

Pemandangan terbaik untuk gerhana bulan tersebut adalah pada tengah malam di wilayah Asia tengah dan timur, Indonesia, Selandia Baru, dan Australia. Di belahan dunia lain, Alaska dan Hawai akan mendapatkan sekilas pemandangan gerhana bulan ini.

Bagaimana rupa fenomena langka ini?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.