Supermoon di Tengah Siklon Dahlia Malam Ini, Bagaimana Antisipasinya? - Kompas.com

Supermoon di Tengah Siklon Dahlia Malam Ini, Bagaimana Antisipasinya?

Lutfy Mairizal Putra
Kompas.com - 03/12/2017, 17:54 WIB
Supermoon terlihat di Austria, 10 Agustus 2014. Supermoon disebut para ilmuwan sebagai bulan perigee, terjadi saat bulan berada di dekat cakrawala dan tampak lebih besar dan lebih terang dari bulan purnama lainnya.AP PHOTO / Ronald Zak Supermoon terlihat di Austria, 10 Agustus 2014. Supermoon disebut para ilmuwan sebagai bulan perigee, terjadi saat bulan berada di dekat cakrawala dan tampak lebih besar dan lebih terang dari bulan purnama lainnya.

JAKARTA, KOMPAS.com — Fenomena Supermoon dapat Anda saksikan dalam hitungan jam.

Bulan yang 7 persen lebih besar dan 16 persen lebih terang dari biasanya itu merupakan yang pertama sekaligus terakhir yang bisa dilihat pada tahun 2017.

Rukman Nugraha, peneliti Badan Meteori, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), mengatakan, pada hari ini (3/12/2017) sekitar pukul 22.46 WIB, bulan akan berada pada fase purnama. Seninnya (4/12/2017) sekitar pukul 15.45 WIB, jarak bulan terhadap bumi berada pada posisi paling dekat, yakni 357.492 kilometer.

“Kedua kondisi ini, yaitu fase purnama saat bulan di perigee (titik orbit bulan yang paling dekat dengan bumi), dikenal sebagai Purnama perigee atau Supermoon,” tulis Rukman pada akun Facebook-nya, Sabtu (2/12/2017).