Kompas.com - 31/12/2017, 18:01 WIB
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

KOMPAS.com - Pernahkah Anda membayangkan seperti apa bentuk dari cermin yang berusia 19 abad? Mungkin dengan usia setua itu, cermin tidak akan utuh atau sulit untuk bercermin.

Namun, baru-baru ini arkeolog di Jepang menemukan cermin China yang berusia 1.900 tahun dalam kondisi masih utuh. Tak hanya itu, cermin ini juga dianggap cukup awet untuk tetap menunjukkan refleksi samar.

Cermin perunggu ini ditemukan di situs arkeologi Nakashima di Hakata Ward Fukuoka. Pejabat setempat menyebut ini merupakan penemuan yang langka.

Benda ini diperkirakan dibuat di China pada masa Dinasti Han, antara 25- 220 Masehi. Keadaan benda berukuran 11,3 sentimeter tersebut bisa disebut luar biasa baik.

Baca juga: Sempat Tersisih, Ternyata Benda Kecil Ini Artefak Kuno Yunani

Hal ini mungkin dipengaruhi oleh lingkungan lembap di kawasan ini. Lingkungan lembap tersebut memberi perlindungan dari oksidasi.

Situs Nakashima terletak di wilayah negara Na, yang disebutkan dalam buku catatan sejarah China.

"Penemuan terakhir menunjukkan keadaan wilayah Na pada periode yang sama juga memiliki orang berpengaruh yang memiliki kekuatan untuk mendaptkan cermin buatan China," ungkap salah satu pejabar divisi properti budaya  dikutip dari Asashi, Kamis (28/12/2017).

Pada cermin tersebut tertulis kalimat "chang yi zisun" yang diterjemahkan menjadi "untuk memberi manfaat bagi generasi masa depan selamanya".

"Situs penemuan (cermin) bukanlah sebuah makam, jadi cermin itu mungkin telah digunakan dalam upacara keagamaan," ungkap Hidenori Okamura, profesor arkeologi China di Universitas Kyoto dikutip dari Newsweek, Jumat (29/12/2017).

"Penemuan ini juga akan berfungsi sebagai bahan untuk menentukan tanggal gempa pada akhir periode Yayoi," sambungnya.

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.