4 Tahun Menghilang, Bintang Laut Kembali ke Pantai Barat AS

Bintang LautWikipedia Bintang Laut
|
EditorResa Eka Ayu Sartika

Sumber AP

KOMPAS.com - Sebuah kabar gembira dari dunia lau. Baru-baru ini dilaporkan bahwa bintang laut kembali ke daerah pantai barat Amerika Serikat setelah 4 tahun belakangan sebuah sindrom membunuh jutaan bintang laut.

Sindrom tersebut disebut Sea Star Wasting Syndrome yang terjadi pada 2013 hingga 2014. Sindrom ini menyerang bintang laut di sepanjang British Columbia hingga Meksiko.

Gejalanya, para bintang laut itu memiliki sejumlah luka dan kemudian hancur. Langan mereka bahwa berubah menjadi sebuah gumpalan lengket.

Penyebab sindrom ini sendiri masih belum jelas. Tapi para peneliti mengatakan bahwa itu mungkin disebabkan oleh virus.

Kabar baiknya adalah, spesies tersebut kini kembali ke daerah itu. Ini ditandai dengan deitemukannya bintang laut di sebuah kolam renang di California Selatan dan beberapa tempat lain pada Selasa (26/12/2017).