Kompas.com - 18/12/2017, 20:10 WIB
Ahli paleontologi Tanja Wintrich dan Martin Sander meneliti fosil plesiosaurus Ahli paleontologi Tanja Wintrich dan Martin Sander meneliti fosil plesiosaurus

KOMPAS.com - Para ilmuwan sekarang memiliki bukti bahwa reptil bawah laut plesiosaurus, sudah hidup lebih dari 200 juta tahun lalu, tepatnya saat era Trias atau periode pertama era Mesozoikum.

Ahli paleontologi dari Universitas Bonn, Jerman, mendeskribsikan plesiosaurus tertua di jurnal Science Advance, bersama dengan rekannya dari Jepang dan Perancis. Temuan plesiosaurus itu berasal dari periode Trias dan umurnya sekitar 201 juta tahun.

"Saya tidak menyangka bahwa ada plesiosaurus dari masa Trias. Mengingat hewan-hewan ini sudah dipelajari oleh ahli paleontologi sejak sangat lama. Kehidupannya sudah diduga lebih dari 150 tahun (oleh ahli paleontologi), tapi butuh waktu lama untuk mendapatkan bukti yang kuat," ujar ahli paleontologi Martin Sander dari Universitas Bonn, Jerman, yang meneliti fosil tersebut dikutip dari BBC, Rabu (13/12/2017).

Para ilmuwan telah memberi nama plesiosaurus itu dengan Rhaeticosaurus mertensi.