Kompas.com - 18/12/2017, 20:10 WIB
Ahli paleontologi Tanja Wintrich dan Martin Sander meneliti fosil plesiosaurus Ahli paleontologi Tanja Wintrich dan Martin Sander meneliti fosil plesiosaurus
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Para ilmuwan sekarang memiliki bukti bahwa reptil bawah laut plesiosaurus, sudah hidup lebih dari 200 juta tahun lalu, tepatnya saat era Trias atau periode pertama era Mesozoikum.

Ahli paleontologi dari Universitas Bonn, Jerman, mendeskribsikan plesiosaurus tertua di jurnal Science Advance, bersama dengan rekannya dari Jepang dan Perancis. Temuan plesiosaurus itu berasal dari periode Trias dan umurnya sekitar 201 juta tahun.

"Saya tidak menyangka bahwa ada plesiosaurus dari masa Trias. Mengingat hewan-hewan ini sudah dipelajari oleh ahli paleontologi sejak sangat lama. Kehidupannya sudah diduga lebih dari 150 tahun (oleh ahli paleontologi), tapi butuh waktu lama untuk mendapatkan bukti yang kuat," ujar ahli paleontologi Martin Sander dari Universitas Bonn, Jerman, yang meneliti fosil tersebut dikutip dari BBC, Rabu (13/12/2017).

Para ilmuwan telah memberi nama plesiosaurus itu dengan Rhaeticosaurus mertensi.

Baca Juga : Organ Mata Tertua Ditemukan pada Fosil Berusia 530 Juta Tahun

Tidak hanya menemukan plesiosaurus tertua, para ilmuwan juga telah mengetahui bagaimana plesiosaurus bisa terhindar dari kepunahan. Hal itu ditunjukkan dari tulang fosilnya.

Plesiosaurus merupakan perenang handal. Dia seperti penerbang bawah laut, mirip kura-kura laut dan penguin. Kerangka yang telah dikonstruksi itu memiliki panjang 237 cm.

Dalam tubuhnya, hewan purba ini mempunyai empat sirip runcing yang memudahkan mereka untuk mendayung air dan berenang di bawah laut.

Selain itu, peneliti juga menemukan reptil bawah laut ini memiliki leher yang panjang dan ramping dengan kepala kecil. Lehernya disebut sangat kaku sehingga tidak bisa memutar kepala atau menoleh ke kanan kiri. Namun, tubuh kuatnya membantu keempat siripnya bergerak seperti sayap, sehingga dapat mendayung lebih jauh.

Dibanding dengan reptil laut lainnya, ekornya yang pendek berfungsi sebagai kemudi. Tapi menurut Sander, anehnya hal ini tidak berkembang lagi setelah kepunahan plesiosaurus.

Kerangka plesiosaurus memiliki panjang 237 cm. Kerangka plesiosaurus memiliki panjang 237 cm.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.