Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Spesies Kuda Laut Baru dari Korea, Begini Rupanya

Kompas.com - 30/11/2017, 08:00 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber Sci-News

KOMPAS.com -- Di tengah isu kepunahan yang sering menghiasi media massa, kini ada kabar gembira mengenai ditemukannya spesies kuda laut baru.

Kuda laut adalah ikan laut kecil dari genus Hippocampus. Mereka termasuk keluarga Syngnathidae, yang masuk dalam golongan ikan pipa dan naga laut. Saat ini, ada lebih dari 140 spesies kuda laut di dunia yang umumnya hidup di perairan tropis yang beriklim dangkal.

Spesies baru ini dinamai kuda laut Korea (Hippocampus haema) karena hanya ditemui di Selat Korea, Kyushu Barat, dan Laut Jepang.

"Spesies baru ini dapat ditemukan di sepanjang pantai selatan dan tenggara Semenanjung Korea (dari Pulau Soan sampai Ulsan)," kata Dr Jin-Koo Kim dari Pukyong National University, Busan, Korea Selatan dikutip dari Sci-News, Senin (27/11/2017).

Baca juga: Bukti Kekayaan Indonesia, Spesies Rafflesia Baru Ditemukan di Bengkulu

"Kuda laut ini juga ditemukan di sepanjang pantai barat Kyushu (barat prefektur Kagoshima) dan pantai barat laut Honshu (dari prefektur Kyoto sampai Akita), Jepang," sambung salah satu penulis penelitian ini.

Kuda laut Korea ini diketahui tinggal di sargassum (rumput laut coklat) dan tumbuhan yang mengambang di habitat lunak bawah, pada kedalaman 0-18 meter.

Ia juga memiliki panjang sekitar 5-11,5 sentimeter, badan yang kurus, ekor panjang, dan lubang insang ganda.

Baca juga: Hampir Punah, Spesies Katak Baru Ditemukan di Jalan yang Terbengkalai

"Kepala dan badannya dilipat pada sudut yang hampir searah, moncong memanjang dan menyatu, sirip pelvis dan sirip ekor tidak ada," tulis para ilmuwan.

Mereka melanjutkan, sering kali, kulitnya rata dan halus menutupi tubuhnya, mahkota kecil terdapat di atas, dan beberapa filamen kulit ada di tubuhnya.

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal ZooKeys ini juga menyebut bahwa warnanya sangat segar dan beragam, yaitu hitam, putih, oranye, kuning, magenta, coklat, merah, atau garis-garis.

Selain itu, tidak ada dimorfisme (perbedaan luar) seksual tertentu, kecuali kantong induk laki-laki pada spesies yang baru ditemukan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sci-News
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com