Kompas.com - 26/12/2017, 19:40 WIB
Seorang anak tengah beribadah di pura kecil yang dekat dengan tempat pengungsian. KOMPAS.com/AMBARANIE NADIASeorang anak tengah beribadah di pura kecil yang dekat dengan tempat pengungsian.

KOMPAS.com - Religiusitas biasanya dihubungkan dengan hidup lebih sehat dan lebih lama dibandingkan atheis. Hal ini sempat membingungkan para peneliti selama beberapa waktu.

Kini para ilmuwan sosial mungkin telah menemukan alasannya. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Evolutionary Psychological Science menyebut bahwa orang ateis dihubungkan dengan gen mutan.

"Mungkin hubungan positif antara agama dan kesehatan bukanlah kausal. (Dengan kata lain,) bukan karena religius yang membuat Anda kurang stres sehingga kurang sakit," ungkap Edward Dutton dari the Ulster Institute for Social Research dikutip dari Newsweek, Sabtu (23/12/2017).

"Sebaliknya, orang-orang religius adalah populasi sisa-sisa genetik normal dari masa pra-revolusi industri, dan kebanyakan kita semua adalah mutan yang biasanya meninggal sebagai anak-anak saat itu," sambungnya.