Kisah Mangrove Jakarta dan Burungnya yang Nyaris Tinggal Cerita

Kompas.com - 13/12/2017, 10:01 WIB
Hutan mangrove dan ekosistem pesisir di Desa Torosiaje Kabupaten Pohuwato yang dikembangkan oleh Kelompok Sadar Lingkungan Paddakauang. Eksosistem ini mampu menyimpan karbon lebih banyak dan lebih lama. KOMPAS.COM/ROSYID AZHARHutan mangrove dan ekosistem pesisir di Desa Torosiaje Kabupaten Pohuwato yang dikembangkan oleh Kelompok Sadar Lingkungan Paddakauang. Eksosistem ini mampu menyimpan karbon lebih banyak dan lebih lama.

JAKARTA, KOMPAS.com – Dari total luas 16,5 juta hektar mangrove dunia, 23 persennya ada di Indonesia, dengan luas sebesar 3,48 juta hektar yang tersebar di 257 kabupaten/kota.

Sayangnya, sebab kondisi mangrove mengkhawatirkan. Dari jumlah tersebut, hanya 1,67 hektare dalam kondisi baik. Sisanya, 1,81 hektare mangrove dalam kondisi rusak.

Hal ini berakibat pada berbagai biota yang mengantungkan hidupnya pada hutan payau, yakni 257 spesies fauna di darat dan laut, serta 157 jenis flora.

Salah satu flora yang ikut merugi akibat rusaknya mangrove adalah burung, hewan yang juga sangat Beragam di Indonesia.

Keragaman jenis burung Indonesia menduduki urutan keempat dunia setelah Peru, Brazil, dan Kolombia, dengan 1769 jenis.

Kepala Komunikasi dan Pengembangan Kelembagaan Burung Indonesia, Ria Saryanthi mengatakan, terdapat 259 jenis burung migran yang hidup di area mangrove.