Kisah Mangrove Jakarta dan Burungnya yang Nyaris Tinggal Cerita

Kompas.com - 13/12/2017, 10:01 WIB
Hutan mangrove dan ekosistem pesisir di Desa Torosiaje Kabupaten Pohuwato yang dikembangkan oleh Kelompok Sadar Lingkungan Paddakauang. Eksosistem ini mampu menyimpan karbon lebih banyak dan lebih lama. KOMPAS.COM/ROSYID AZHARHutan mangrove dan ekosistem pesisir di Desa Torosiaje Kabupaten Pohuwato yang dikembangkan oleh Kelompok Sadar Lingkungan Paddakauang. Eksosistem ini mampu menyimpan karbon lebih banyak dan lebih lama.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

JAKARTA, KOMPAS.com – Dari total luas 16,5 juta hektar mangrove dunia, 23 persennya ada di Indonesia, dengan luas sebesar 3,48 juta hektar yang tersebar di 257 kabupaten/kota.

Sayangnya, sebab kondisi mangrove mengkhawatirkan. Dari jumlah tersebut, hanya 1,67 hektare dalam kondisi baik. Sisanya, 1,81 hektare mangrove dalam kondisi rusak.

Hal ini berakibat pada berbagai biota yang mengantungkan hidupnya pada hutan payau, yakni 257 spesies fauna di darat dan laut, serta 157 jenis flora.

Salah satu flora yang ikut merugi akibat rusaknya mangrove adalah burung, hewan yang juga sangat Beragam di Indonesia.

Keragaman jenis burung Indonesia menduduki urutan keempat dunia setelah Peru, Brazil, dan Kolombia, dengan 1769 jenis.

Kepala Komunikasi dan Pengembangan Kelembagaan Burung Indonesia, Ria Saryanthi mengatakan, terdapat 259 jenis burung migran yang hidup di area mangrove.

Baca Juga : Kisah Burung Migran dan Mangrove dalam Kacamata Anak-anak

“Dari 259 jenis burung, rata-rata burung perancah yang tergantung pada huntan mangrove. Kalau mangrove rusak, mereka bisa kehilangan tempat makannya, tempat bernaung, dan berkembang biak,” kata Ria di Jakarta, Selasa (12/12/2017).

Ria mencontohkan, kerusakan mangrove Muara Angke, Jakarta, berdampak pada burung bangau bluwok (Mycteria cinereal) dan bubut jawa (Centropus nigrorufus).

International Union for Conservation of Nature (IUCN) menetapkan bangau bluwok sebagai spesies yang terancam punah.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X